Bekali Pengetahuan Gizi Pada Anak Secara Mudah, Mahasiswi ini Kenalkan Aplikasi Food Interactive

 


Berita Kuningan -  Seperti yang sudah diketahui, dimasa pandemi Covid-19 banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran yang dilakukan secara Daring, tentu hal ini menjadi salahsatu tantangan bagi para pendidik dalam memberikan pembelajaran pada siswanya. Hal itulah yang memotivasi Sulistinayah Suwaka Putri, mahasiswi jurusan International Program On Science Education dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung  memperkenalkan sekaligus mengadakan uji coba salah satu aplikasi yang diberi nama “Food Interactive”.

Sulis menuturkan, kegiatan pengenalan Aplikasi Food Interactive yang dilakukan di SDN 1 Babakanmulya, Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana itu dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Senin (28/12/2020).

Menurut Sulis, idenya berawal dari masih banyaknya anak yang belum mengerti tentang pemenuhan gizi dan masih belum peduli terhadap apa yang mereka konsumsi dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Hal ini, menurutnya akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan kesehatan mereka, untuk itu, aplikasi yang berisi tentang dasar-dasar mengenai gizi seimbang ini merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan pada masa pandemi seperti sekarang.

Selain itu, kata Sulis, menerapkan pola hidup sehat yang bertujuan untuk meningkatkan imunitas diri memerlukan pengetahuan dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi Food Interactive ini, lanjut Sulis, di dalamnya berisi informasi mengenai prinsip gizi seimbang yang harus dipenuhi menurut panduan dari Kementrian Pendidikan  dan Kebudayaan Republik Indonesia 

Dalam prinsip tersebut,  terdapat 4 Pilar yang harus dipenuhi yaitu dengan mengonsumsi aneka ragam pangan , membiasakan perilaku hidup bersih , melakukan aktivitas fisik dan memantau berat badan secara teratur. Bahkan  didalam aplikasi ini juga terdapat beberapa tips dan fakta yang menarik seputar gizi seimbang.

"Dengan adanya edukasi melalui Aplikasi ini diharapkan dapat mewujudkan siswa yang cerdas dan sehat serta mampu meningkatkan kepeduliannya terhadap kesehatan, baik untuk pribadi maupun lingkungan sehingga daat meningkatkan imunitas tubuh dimasa pandemi seperti sekarang,” terang Sulis.

Sementara itu salah seorang siswa Kelas 4 SDN Babakakanmulya Luthfi dirinya mengatakan,menurutnya aplikasi Food  Interactive sangat bagus sekli digunakan buat belajar,selain tidak bosan dan dalam aplikasi ini ada teknik latihan yang bisa langsung belajar. Yang lebih menariknya, menurut Lutfi aplikasi ini tidak membutuhkan kuota karena dapat diakses secara Offline 

“Kadang kalau belajar melalui internet suka ada kendala terutama di sinyal,namun dangan adanya Aplikasi Food Interactive ini belajar lebuh menyenangkan karena dapat di akses secara Offline,” tutur Luthfi.

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers