Pemkab Kuningan Gelontorkan Rp 3 Milyar Bantu Pelaku UMKM dan IKM




Berita Kuningan - 
Bantuan hibah Pemda Kabupaten Kuningan berupa modal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdampak pandemi Covid-19, diserahkan secara simbolis melalui
Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan,  berlokasi di Kantor Kopdagperin Kuningan,Selasa (29/12/2020).

Pemda Kabupaten Kuningan menyalurkan bantuan Hibah sebesar Rp 3 Miliar tersebut bertujuan untuk pemulihan di bidang perekonomian bagi pelaku UMKM dan IKM terdampak Covid-19.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama mengatakan, salahsatu cara untuk memulihkan kembali perekonomian jasa perdagangan usaha mikro di kuningan pasca Covid-19 yaitu dengan mengalokasikan dana hibah bagi mereka yang terdampak.

"Maka realokasi anggaran penanganan di Kuningan sebesar Rp. 77 Miliar, selain diperuntukan untuk pembelian RS eks Citra Ibu, juga untuk insentive perawat, dan tenaga kesehatan, pelaku usaha ekonomi kreative, pekerja seni, dan pemberian sembako bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut Acep, bantuan tersebut tidak hanya disalurkan melalui Diskoperindag, juga melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan.

"Tingkatkan daya saing, munculkan inovasi dan kreatifitas, sebaiknya bisa diseimbangkan harga produksinya bisa ditekan sehingga penjualannya tidak terlalu malah," pesannya kepada pelaku usaha.

Bupati Kuningan, mencontohkan seperti produk yang dijumpainya saat pameran kemarin, ada produk yang nilai kemasannya lebih mahal, maka akan berimbas pada harga nilai barang itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Diskopdagperin Uu Kusmana menjelaskan, hibah yang disalurkan sebesar Rp 3 miliar untuk 2.400 penerima dengan lima kategori yang sudah diverifikasi dan sudah di Surat Keputusan (SK) Bupati. 

"Totalnya 2.400 penerima, dan mereka sudah punya rekening masing-masing. Jadi, mereka bisa mengambil uangnya langsung ke bank yang sudah ditentukan yakni Bank Jabar Banten (BJB)," jelas UU sapaan akrabnya.

Pihaknya berharap, dengan bantuan hibah ini dapat memulihkan perekonomian dan dipergunakan untuk kepentingan permodalan usaha para pelaku UMKM.

"Kami berharap, bantuan ini dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk menambah permodalan usahanya," pungkasnya. (SK26/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers