Kebakaran Kandang Ayam di Haurkuning, Ribuan Anak Ayam Terpanggang


Berita Kuningan - Sebuah kandang ayam berukuran 6 x 18 meter beserta ribuan anakayam milik Udis (59) warga Dusun Manis, RT/RW 02/03, Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, hangus terbakar, Jum'at (24/05/2019).

Menurut informasi yang didapat beritakuningan.com, sekitar pukul 18.30 WIB, Udis mengganti batubara untuk oven penghangat dan kemudian pulang untuk melaksanakan shalat tarawih. Sekitar pukul 23.30 WIB, warga setempat melihat kepulan asap dan kobaran api dari arah kandang.

Pemilik kandang yang dibantu oleh warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Sekitar pukul 23.50 WIB, seorang warga bernama Oni (45) menginformasikan kejadian kebakaran tersebut ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan melalui nomor telepon (0232) 871113.

7 orang anggota regu 3 dengan 2 unit kendaraan dinas Damkar tiba di lokasi sekitar pukul 00.10 WIB. Dibantu warga sekitar, aparat pemerintah desa dan anggota Polsek Kadugede, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.00 WIB.

Penyebab kebakaran diduga akibat percikan api dari oven batubara yang berada di bawah kandang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dengan terbakarnya kandang, 1.800 ekor anak ayam (DOC), 20 ton pakan ayam, total kerugian diperkirakan mencapai Rp 79.900.000.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan, MH. Khadafi Mufti, S.Pd. M.Si., menghimbau agar wilayah lingkungan yang terdapat kegiatan usaha ternak ayam agar dilakukan pendataan oleh pemerintah desa/kelurahan dan kemudian dilakukan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Selain diberikan edukasi dan sosialisasi kepada para peternak, untuk tempat kegiatan usaha harus disediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Hydran, bak air dan lainnya untuk meminimalisir dampak kebakaran," pungkasnya. (AR27/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers