Beli Sembako dan Bayar BPJS Pakai Sampah, Ini Caranya


Berita Kuningan - Bagi sebagian orang, sampah merupakan benda yang dianggap tidak berguna bahkan menjijikan, namun di Bank Sampah Mandiri Desa Berdaya Cipondok Kuningan, sampah bisa disulap menjadi rupiah.

Bank Sampah Mendiri Desa Berdaya Cipondok merupakan salah satu program dari Rumah Zakat dengan konsep pemberdayaan berbasis lingkungan. Selain untuk menambah penghasilan, program tersebut juga sebagai salah satu upaya melestarikan lingkungan.

"Tujuan utama Bank Sampah Mandiri adalah bersama-sama menjaga kelestarian alam, demi tanah air yang layak huni untuk generasi masa depan,, bonusnya ada tambahan penghasilan" ungkap Mayasyaroh, Fasilitator Desa Berdaya.

Konsepnya sangat sederhana, warga tinggal menyetor kan sampah-sampah rumah tangga yang layak jual seperti botol-botol plastik, gelas air mineral, kardus dan lain-lain yang kemudian akan ditimbang dan hasil yang didapat akan langsung masuk ke saldo tabungan.

"Kami menganjurkan ditabung dulu karena kami punya beberapa program, dan program yang sudah berjalan itu Nabung Sampah Jadi Sembako dan Nabung Sampah bisa Bayar BPJS," Tutupnya.

"Alhamdulillah, dengan Tabungan Sampah di Bank Sampah Mandiri, warga banyak terbantu diantaranya  Ibu Kaswiti bisa bayar BPJS dari tabungan sampah dan Ibu Sohati bisa beli sembako dari tabungan sampah" Papar Kurnia, Pengurus Bank Sampah Mandiri. (AB05/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers