Latihan Tembak Untuk Bela Negara


Kuningan - Selasa (16/05) Staf Ops Kodim 0615/Kuningan mengadakan latihan tembak (Latbak) senjata ringan TW I TA. 2016 selama 3 hari mulai tanggal 16-18 Mei 2018 dari pukul 07.00 WIB - 14.00 WIB. Acara latihan rutin setiap 3 bulan sekali ini dilaksanakan di Desa Cibereum Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.

Menurut Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Riza Taufiq Hasan SIP, alasan dipilihnya lokasi tersebut yang utama adalah karena faktor keamanan.

"Untuk lokasi menembak diharuskan adanya tanggul. Bukit dibelakang sasaran tembak di sini bisa berfungsi sebagai tanggul untuk menahan peluru serta di sini jauh dari masyarakat sehingga aman untuk dijadikan lokasi latihan." Ungkapnya.

Diadakannya latihan seperti ini bertujuan untuk penyegaran seluruh anggota serta memelihara kemampuan menembak.

Untuk Tamtama dan Bintara menggunakan senjata laras panjang berjenis M16 buatan Amerika modifikasi Pindad dengan menggunakan munisi kaliber 5,56 mm (MU - 4Tj) dengan total 4680 butir dan jarak tembak 100meter. Sedangkan untuk Perwira menggunakan laras panjang dan laras pendek jenis pistol P1 Pindad menggunakan munisi Kaliber 9 mm (MU - 1Tj) sebanyak 611 butir dengan jarak tembak 25 meter.

Latihan yang dipimpin oleh komandan latihan, Kapten Inf Ibnu Sahid (Danramil 1506/Cibingbin), untuk hari pertama dilibatkan berbagai kalangan seperti polhut, awak media serta para kepala desa peserta terbaik yang pernah mengikuti latihan bela negara.

"Kita mengajak dari luar anggota untuk ikut berpartisipasi agar sewaktu-waktu negara membutuhkan mereka sudah tidak kaget, jadi ketika diperintahkan untuk angkat senjata guna bela negara, mereka siap." Pungkas Mayor Riza. (AR27)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers