Berita Terbaru

Bulan Ramadhan Menjadi Berkah Bagi Kuningan

Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH menerima penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Jawa Barat.


KUNINGAN - Di awal bulan Ramadhan Kabupaten Kuningan mendapat berkah, yaitu meraih penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Jawa Barat atas pencapaian level 2  Maturasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama. SH.MH dari BPKP yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si  dilapangan BPKP perwakilan Jawa Barat pada saat Upacara HUT BPKP ke-34 di Bandung, Selasa (30/5).

Bupati Kuningan yang didampingi oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Kuningan, Drs. H. Kamil Ganda Permadi., MM beserta jajarannya, Kabag Humas Setda Wahyu Hidayah., M.Si, dan Kabag Umum Setda Kuningan Guruh I. Zulkarnaen., S.STP., M.Si.

Menurut Bupati H. Acep Purnama SH., MH menuturkan, bahwa pemkab Kuningan selalu berupaya meningkatkan kualitas perencanaan, pembangunan, pelaporan, dan pengendalian internal.

Dengan  terbentuknya Satgas SPIP upaya pemkab dalam pengendalian internal semakin intensif dijalankan di tingkat SKPD dan Kecamatan. Upaya tersebut membuahkan hasil, dimana Kuningan berada di peringkat ke-3 setelah Kota Bekasi dan Kabupaten Sukabumi.

Pemerintah telah banyak mengeluarkan berbagai bentuk sistem yang seluruhnya berakhir pada tujuan untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik, tuturnya.

Penyelenggaraan pemerintahan, lanjut Acep, tentu memiliki kegiatan yang cukup banyak dan sangat luas. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, pengawasan, sampai evaluasi. Untuk  dapat mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintah yang baik, maka membentuk suatu sistem yang dapat mengendalikan seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.

Sistem yang dimaksus adalah sistem pengendalian intern pemerintah atau sering disingkat dengan SPIP, ucap Acep.

Selanjutnya, Acep mengatakan, untuk meningkatkan motivasi pemerintah daerah, BPKP melaksanakan penilaian maturasi SPIP. Ada 5 level atau skalau maturasi dalam penilaian tersebut. Saat ini Kabupaten Kuningan masih berada di level 2 (Berkembang) dan masih sangat mungkin untuk ditingkatkan.

Peluang Kuningan untuk mencapai level 4 masih sangat terbuka. Di Jawa Barat baru Kota Bekasi saja yang mencapai level 3, oleh karena itu dengan komitmen tinggi dari SKPD. Saya meyakini, tahun depat kita akan mampu meningtkan prestasi ini, apalagi telah terbentuk satgas SPIP dan akan memudahkan dalam hal pengendalian  serta evaluasinya, Harapnya.

Ditambhakan Acep, tingkat kematagan (Maturity Level) SPIP menggambarkan tahapan proses yang lebih diyakini akan mengarahkan pada output dan outcome yang lebih baik. Tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP merupakan kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yag terstruktur dan berkelanjutan. (JHD29)

Tidak ada komentar