Berita Terbaru

Tahun 2022 Angka Kesembuhan Covid-19 di Kuningan Meningkat


Berita Kuningan
Dalam 2 bulan terakhir, kasus Covid-19 di Kabupaten Kuningan mengalami penurunan.
Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuningan, tersisa sekitar 33 kasus Covid-19, dengan penambahan rata-rata harian hanya sebanyak 4 orang.

"Artinya, jumlah tersebut mengalami penurunan secara signifikan selama dua bulan terakhir," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr Hj. Susi Lusiyanti dalam keterangan persnya, Senin (17/10/2022).

Dari 33 orang kasus aktif yang ada, 10 orang bergejala berat dan lanjut, sehingga harus dirawat dan diisolasi di rumah sakit, dan sebanyak 23 orang tanpa gejala hingga bergejala ringan sehingga melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. 

"Pada tahun 2022, angka kesembuhan pasien COVID-19 sebesar 97%, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 95%," ujar Susi.

Berbagai upaya penanganan COVID-19, kata Susi, terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. Meskipun jumlah kasus aktif mengalami penurunan selama dua bulan terakhir, namun kegiatan testing dan tracing terus dilakukan di 37 Puskesmas. Setiap pasien yang berobat ke Puskesmas dengan gejala ILI (Influenza like illness) seperti demam, batuk, pilek maka akan dilakukan pemeriksaan swab antigen, agar pasien COVID-19 dapat segera ditemukan dan dilakukan penanganan.

Menurut Susi, bagi pasien yang positif COVID-19, maka akan langsung melakukan isolasi, serta melakukan pelacakan (pelacakan kontak erat) oleh petugas pelacak Puskesmas, serta memastikan seluruh kontak erat melakukan karatina mandiri untuk memutus rantai penularan COVID-19.

"Selain peningkatan testing dan tracing, upaya penanganan COVID-19 dilakukan dengan cara mempercepat program Vaksinasi COVID-19 kepada seluruh masyarakat. Dinas Kesehatan Kab.Kuningan bekerjasama dengan BIN terus gencar melaksanakan gebyar vaksinasi COVID, khususnya vaksin booster, ke seluruh pelosok Kabupaten Kuningan dengan memberikan minyak goreng kepada masyarakat yang sudah divaksin, agar masyarakat antusias untuk divaksin COVID-19," pungkas Susi. "Selain peningkatan pengujian dan penelusuran, upaya penanganan COVID-19 dilakukan dengan cara mendukung program Vaksinasi COVID-19 kepada seluruh masyarakat. Dinas Kesehatan Kab.Kuningan melindungi dengan BIN terus gencar melaksanakan gebyar vaksinasi COVID, khususnya vaksin booster, ke seluruh pelosok Kabupaten Kuningan dengan memberikan minyak goreng kepada masyarakat yang sudah divaksin, agar masyarakat antusias untuk divaksin COVID-19," pungkas Susi.

Tidak ada komentar