Berita Terbaru

Pendamping PPH Program Sehati Melayani Sepenuh Hati


Berita Kuningan -
 Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) membuka kuota Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Tahap 2 untuk 324.834 pelaku UMK di 34 provinsi Tanah Air.

Mulai tanggal 24 Agustus 2022 hingga 19 Oktober 2022, para pelaku UMKM dapat mengakses aplikasi SIHALAL melalui laman Kemenag untuk memfasilitasi Sehati Tahap 2 yang dilakukan secara elektronik.

Namun jangan khawatir, bagi yang mengalami kesulitan, BPJH mememembentuk beberapa Lembaga Pendamping Halal (LPH) baik dari Universitas, Ormas atau Instansi yang memenuhi kriteria, kemudiam merekrut Pendamping PPH (Proses Produk Halal).

Salahsatunya adalah Agah Purnama, PPH Pendamping asal Kabupaten Kuningan yang berada di bawah naungan LPH UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini mendampingi bagi yang ingin mengajukan sertifikat halal gratis di Kuningan dan sekitarnya.

Selain sebagai Konsultan PLUT KUMKM Kuningan, pria yang akrab disapa Kang Agah ini mendapatkan SK dan nomor registrasi Pendampingan PPH di bawah naungan LPH UIN Sunan Gunung Djati sejak bulan Juni 2022.

"Sampai dengan ini sudah ada 70 pelaku usaha yang mengajukan permohonan sertifikat halalnya. Sudah 20 sertifikat halal yang terbit. Masih banyak yang terus mendampingi dan akan memintanya untuk mendukung tercapainya target Pemerintah dalam program Sehati ini" ungkap Kang Agah, Senin (17/10/). ). ). 2022).

Dengan adanya Pendamping PPH ini dirasa sangat membantu para pelaku usaha dalam proses pengajuan sertifikat halal gratis ini, sebagaimana dijelaskan oleh Amar Thohir, pelaku UMKM Kuningan yang mengajukan pada program Sehati tahap 1, dan telah terbit sertifikat halal untuk produk madunya.

"Alhamdulillah, dengan adanya Pendamping PPH sangat membantu kami para pelaku usaha. Meski di era digital mudah dengan online, namun karena masih banyak masalah dan kendala yang dialami, termasuk masalah berkas," ujar Amar, Owner dari Madu Kuningan. 

Tak hanya itu, kata Amar, pelayanan yang diberikan dalam pendampingan Sehati ini pun dilakukan dengan sepenuh hati. Proses bantuan dari awal hingga sertifikat halal berhasil diterbitkan. Bahkan, sertifikat diantarkan langsung ke tempat yang bersangkutan.

"Pendamping PPH untuk program Sehati ini benar-benar melayani sepenuh hati. Semua bantuan cepat dan bantuan hingga tuntas, bahkan yang luar biasa, Kang Agah mengantarkan langsung yang telah terbit. Saya benar-benar kagum dengan pelayanan yang diberikan," lanjut Amar .

Guna mendukung kegiatan Program Sehati ini Kang Agah juga berkordinasi, bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari anggota dewan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pihak akademisi, dan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kuningan dan instansi terkait lainnya.

Bagi yang ingin melakukan proses pengajuan Sehati, dan mendapatkan pendampingan dari Kang Agah, bisa menghubungi nomor WhatsApp 083823180956. InsyaAllah akan melayani dengan Sepenuh hati. (AB05/Merah)

Tidak ada komentar