Berita Terbaru

Polisi Jadi Tempat Curhat Masyarakat


Berita Kuningan -
Tak hanya mengayomi dan melayani, Polisi juga ternyata bisa menjadi tempat Curhat (Curahan Hati) bagi masyarakat, seperti yang dilakukan Kapolsek Ciwaru Polres Kuningan AKP H. Moch. Riffianto menampung berbagai aspirasi masyarakat melalui program Jum'at Curhat.

Kapolsek mendatangi para petani yang sedang berada di sawah dan diajak untuk ngobrol santai sambil menyantap makanan yang dibawanya.

Program yang dikemas dengan cara ngobrol santai bersama para petani kali ini dilakukan di Desa Baok, Kecamatan Ciwaru pada Jum'at (4/11/2022).

Eti (55), salah seorang petani setempat menyampaikan bahwa dirinya selama ini belum pernah mendapatkan bantuan apa pun dari pemerintah. Sedangkan dirinya dan kebanyakan petani lainnya yang bekerja saat ini merupakan buruh tani yang mengerjakan sawah milik orang lain. Mereka bekerja dari pagi hingga siang hari. 

"Saya selama ini belum pernah dapat bantuan apa-apa, Pak Kapolsek. Pernah dapat hanya sekali, itu juga sudah lama. Orang lain yang kaya mah pada dapat bantuan saya mah gak pernah. Sebelum corona aja saya dapat bantuan," kata Eti kepada Kapolsek Ciwaru .

Hal yang sama pun disampaikan oleh Bonih (60), dirinya hanya sekali mendapat bantuan. Bahkan suaminya dalam kondisi sakit pun tidak ada bantuan apa-apa dari pemerintah.

Bahkan, para petani ini menyampaikan usulannya agar dapat diantarkan pulang karena jarak yang cukup jauh dari sawah yang mereka kerjakan.

"Pak Polisi, kalau bisa mah saat pulang siang kami diantarkan pulang soalnya rumah kami jauh dari sini," ujar para petani.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Ciwaru pun memberikan nasi kotak untuk makan siang para petani.

Usai kegiatan, Kapolsek mengatakan bahwa kegiatan Jum'at curhat ini merupakan program quick win Kapolri untuk mendengar langsung keluhan atau permasalahan masyarakat.

"Hari ini kami sengaja mendatangi para buruh petani untuk mendengar keluhan secara langsung dari mereka. Banyak yang disampaikan para buruh tani ini salah satunya adalah terkait bantuan dari pemerintah. Para buruh tani ini tadi menyampaikan bahwa sebagian besar dari mereka belum pernah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah," ujar Kapolsek.

Maka, kata Kapolsek, pihaknya akan mendata dan membantu dengan mendistribusikan sembako dari Polsek Ciwaru. Bahkan ada usulan terkait transportasi untuk para petani yang jaraknya jauh  untuk dapat diantarkan pulang jika situasi cuaca kurang mendukung.

"Tentu dengan senang hati kami akan membantu para buruh tani untuk mengantarkan pulang. Nanti akan kami sediakan satu mobil dinas untuk mengantarkan para buruh tani ini. Kegiatan ini akan kami lakukan tidak hanya hari Jum'at saja, hari lain pun akan kami lakukan," ujar Kapolsek.


Dengan adanya kegiatan ini, Kapolsek berharap, dapat menerima masukan yang positif juga untuk memacu kinerja anggota Polsek Ciwaru. 

"Tidak hanya keluhan yang akan kami tampung. Tapi kritikan maupun saran akan kami terima untk meningkatkan kinerja kami semakin lebih baik lagi," pungkas Kapolsek. (Jopray/Red)

Tidak ada komentar