Lantik Ketua PAC Jagara, Sundwani Wirabuana Jaga Warisan Seni Budaya




Berita Berita Kuningan
- Sundawani Wirabuana DPD Kuningan menggelar acara pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Desa Jagara, sekaligus pertemuan anggota bulanan, yang berlokasi di Objek Wisata Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Ahad (6/9/2020).

Dalam pertemuan tersebut, hadir Kamid Yadi Ketua DPD Sundawani Wirabuana Kabupaten Kuningan, Kadisporapar Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh Kabid Destinasi Pariwisata dan Kasi Ekonomi Kreatif, serta perwakilan pengurus dan anggota dari PAC Sundawani se-Kabupaten Kuningan.

Acara tersebut diwarnai penampilan berbagai penampilan seni dan budaya Sunda seperti pencak silat, Kacapi Suling kolaborasi hingga menampilkan karya-karya kreatif anggota, salah satunya perahu awi (Bambu- red) karya binaan Sundawani Wirabuana Kuningan.

Ketua DPD Sundawani Wirabuana Kuningan yang akrab disapa Kang Yadi menuturkan, bahwa ajang tersebut sekaligus ajang silaturahmi dan menjaga warisan seni dan budaya Sunda.

"Selain silaturahmi, ajang ini sekaligus menampilkan pertunjukan seni dan budaya agar tetap terjaga. Khawatir jika tidak dilestarikan maka akan punah," ungkap Kang Yadi.

Menurut Kang Yadi, perlu diperbanyak penampilan-penampilan seni dan budaya agar masyarakat tidak lupa sekaligus untuk memperkenalkan kepada generasi muda akan seni dan budaya warisan yang dimiliki.

"Khawatir jika jarang ditampilkan maka perlahan akan mulai punah atau tidak menutup kemungkinan akan diakui oleh negara lain, sudah banyak contohnya," lanjutnya.

Kang Yadi juga berharap bisa bersinergi dengan pemerintah, karena bagaimanapun juga, menurutnya untuk menjaga warisan seni dan budaya membutuhkan sinergitas semua pihak termasuk Pemerintah.

"Butuh sinergitas semua pihak, kami siap bahu-membahu bersama Pemerintah untuk menjaga warisan seni dan budaya ini, kalau bukan kita, siapa lagi?" Pungkasnya. (AR27/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers