Sawala Budaya ke 43 Paguyuban Pasundan Digelar Secara Virtual



Berita Kuningan -
Sawala Budaya ke 43, kembali digelar secara virtual oleh Pengurus Besar Paguyuban Pasunda, yang berpusat di Aula Mandalsaba, Gedung Paguyuban Pasundan, Bandung.

Kongres virtual tersebut diikuti oleh 1306 peserta yang merupakan pamilon (utusan) cabang, komda, dan wilayah Paguyuban Pasundan.

Acara tersebut sekaligus mengukuhkan kembali Prof. H. M. Didi Turmudzi, M.Si sebagai ketua umum Paguyuban Pasundan untuk periode 2020 – 2025 melalui proses aklamasi.

Dalam sambutannya saat membuka kongres tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan turut bergembira dengan sawala budaya ke-43 Paguyuban Pasundan.

"Kami menyadari, Paguyuban Pasundan telah menjadi mitra utama pembangunan Jawa Barat dalam budaya dan pendidikan, Paguyuban Pasundan memiliki peran dalam hal ini juga menyertai mimpi besar Indonesia untuk bisa mendukung generasi emas, Paguyuban Pasundan bisa berinovasi dalam budaya, bukan hanya politik nasional, tapi kuat dalam inovasi pendidikan sehingga melahirkan kualitas anak Jawa Barat yang nyunda, nyantri dan nyakola," terangnya.

Sementara itu‎ dalam sambutannya, Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi M.Si. menekankan tentang visi Paguyuban Pasundan ke depan yang akan terus berupaya untuk mengangkat harkat dan martabat, memerangi kebodohan, dan kemiskinan serta menyebarkan syiar Islam.

"Sebagai organisasi tertua di Jawa Barat (berdiri sejak 20 Juli 1913), Paguyuban Pasundan selalu akan hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai wujud 'katara ayana karasa manfaatna',” ungkapnya.

Oleh karenanya, Prof Didi pun akan terus fokus pada bidang Pendidikan, Budaya, Kesehatan, dan Ekonomi, karena hal tersebut merupakan sesuatu yang paling mendasar dan penting bagi kelangsungan hidup bangsa terutama di tengah masa pandemi Covid-19 ini, dimana hampir seluruh Bangsa di dunia akan mengalami resesi ekonomi global.

Di tempat terpisah, acara yang dipusatkan di Sekretariat Paguyuban Pasundan Cabang Kuningan ini sendiri diikuti oleh 30 orang, yang terdiri dari Pengurus Cabang dan anak Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Kuningan, beberapa pengurus cabang GMNI, Presma STIKKU (Arif) dan Presma Unisa (Yusuf) yang didamping beberapa kabinetnya. 

Bahkan, Bupati Acep Purnama, SH. MH yang didampingi oleh Sekda Dr. Dian Rahmat Yanuar, M.Si.dan Sekwan H. Ade Nurdianto. M.Si pun terlihat ikut menghadiri acara yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 tersebut.

Acara tersebut digelar dengan tema 'Nyawang Ka Tukang, Nyoreang Mangsa Anu Bakal Datang Dina Adeg Adeg Paguyuban Pasundan'.

Ketua Paguyuban Pasundan Cabang Kuningan, Rana Suparman mengatakan memberikan dukungan penuh terhadap visi dan cita-cita Paguyuban Pasundan tersebut. 

"Tantangan ke depan harus dihadapi melalui penguatan di bidang Pendidikan berbasis karakter budaya dan ekonomi kerakyatan. Pendidikan berbasis karakter budaya dapat dipadukan dengan penguatan IQ, SQ dan EQ, ahlak, moral dan budaya sekaligus," terangnya. (AD27/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers