SMP Negeri 1 Cidahu Gelar Sanlat


Kuningan - Upaya penguatan nilai-nilai religius terus dilakukan oleh lembaga pendidikan formal SMP Negeri 1 Cidahu. Di bulan Ramadhan tahun ini, SMP Negeri 1 Cidahu kembali menggelar kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat). Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang di selenggarakan setiap bulan suci Ramadhan.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII tersebut berlangsung selama tiga hari berturut-turut, Senin-Rabu (12-14/06). Dalam kegiatan ini, setiap harinya peserta Sanlat menerima materi keagamaan dari para guru.

Ada yang berbeda pada kegiatan Sanlat tahun ini, dimana hari pertama diisi dengan acara Seminar Sehari dengan mendatangkan narasumber dari pondok pesantren modern, Khusnul Khotimah, Senin (12/06). Tidak hanya itu, hari pertama juga disi dengan game oleh santriwati dari Khusnul, sehingga membuat para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Hari kedua diisi dengan kegiatan sholat duha, pembacaan yasin, dan penyampaian materi tentang Aklak Bergaul dalam Islam dan Sopan Santun Dalam Medsos oleh Dede Maulana, S. Pd. Usai menerima penyampaian materi, dilanjutkan ke acara diskusi mengenai fikih puasa oleh Eti Ruharti, S. Ag.

Sementara hari ketiga diisi dengan pemberian materi semi formal tentang sunah-sunah di hari raya Idul Fitri oleh Aprilatip, M. Pd.i. lalu dilanjut ke materi tentang fikih puasa dan sekilas tentang zakat fitrah oleh Titiek Dewi Rohbayanti,S.Pd. Kegiatan hari ketiga ditutup dengan penampilan tim marawis SMP Negeri 1 Cidahu.

Sanlat ini  menggunakan ruang halaman dalam SMP Negeri 1 Cidahu, peserta terlihat cukup serius mengikuti nya.

Aprilatip,M. Pd.i. selaku pembina keagamaan menuturkan tujuan diselenggarakan sanlat yakni untuk pembinaan akhlak ke arah yang lebih baik serta pendalaman materi keislaman terutama yang berhubungan dengan fikih puasa dan zakat.

"Tujuan sanlat atau kerennya studi islam intensif bertujuan untuk pembinaan akhlak ke arah yg lebih baik serta pendalaman materi keislaman", tuturnya saat diwawancara.

April berharap, ke depannya keterlibatan semua pihak dalam kegiatan Sanlat bisa lebih baik, lebih fokus, dan lebih meningkat. (Ahmad Asikin)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers