Ngabuburit Sambil Mengenalkan Budaya


Kuningan - Pimpinan  Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM)  bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda (Hima Dikbastrada) STKIP Muhammadiyah Kuningan, memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan menggelar kegiatan Ngabuburit Bareng Sambil Mengenalkan Budaya (Ngubers Madya).

Kegiatan itu diadakan selama dua hari Rabu-Kamis (14-15/06/2017) ba'da Ashar di Alun-alun Desa Kalapa Gunung Kec. Kramatmulya dengan bertema "Nyukcruk Galur Sunah Rosul, Nincak Tapak Sare'at Islami, Mapay Sakur Lulurung Karuhun", di slun-alun Desa Kalapa Gunung Kec. Kramatmulya

"Alhamdulillah kegiatan yang dipelopori oleh ketua PK IMM (Dede Sartika) dan Ketua Hima Dikbastrada (Reyzki Adi Fauzi) direspon dengan sangat antusias oleh masyarakat setempat," ucap Ketua Panitia Zein Yusuf Ismail, Kamis (15/06/2017).

Zein mengatakan, pihak aparat desa, DKM, Karang Taruna, dan IRMAS, sangat membantu kelancaran kegiatan hingga memberikan  manfaat bagi anak-anak, Karena kegiatan ini untuk mengenalkan kepada anak-anak agar bisa lebih tau tentang budaya dan permainan tradisional seperti ayang-ayanggung, enggrang, oray-orayan, bakiak, bekel, gasing panggal, congklak, dan lain-lain.

Sementara, Drs. Aef Saefudin mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Ngubers Madya tersebut. Dimana kegiatannya itu, menggunakan budaya dan juga memperkenalkan permainan tradisional.

"Ada juga pengenalan alat musik tradisional seperti kacapi, karinding, celempung, nonton bareng, dan lainnya. Kedepannya diharapkan masyarakat desa Kalapa Gunung terutama para generasi muda dapat melestarikan terus kebudayaan tradisional Sunda agar nantinya terus diwariskan," terangnya. (JHD29).

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers