Berita Terbaru

Diduga Akibat Korsleting Listrik, Bangunan Budidaya Jamur Ludes Terbakar


Berita Kuningan -
Sebuah kebakaran hebat terjadi pada bangunan semi permanen budidaya jamur yang berlokasi di Jalan Bojong, Dusun Kliwon, Blok Ragasakti, Desa Setianegara, Kec. Cilimus, Selasa (30/8/2022), sekira pukul 18.30 WIB.

Kebakaran yang menimpa bangunan berukuran 220 m2 milik Jejen (48) warga Desa Sangkanurip, Kec. Cigandamekar ini, dari keterangan pihak UPT Damkar Satpol PP Kuningan, diduga akibat korsleting listrik yang beras dari tempat penyemaian bibit jamur. 

Kejadian kebakaran pertama kali diketahui oleh Nanang Iriana (43), yang juga merupakan salah seorang Kepala Dusun (Kadus) di Desa Setianegara. Saat pulang mengantarkan anaknya pangkas rambut, Nanang melihat kobaran api di lokasi kejadian dari arah Utara pintu gerbang Desa Setianegara.

"Menurut kesaksian Bapak Nanang, saat itu akan mengantar anaknya pangkas rambut ke wilayah Desa Linggarjati, kemudian pulang ke rumah sekitar pukul 18.30 WIB. Saat akan belok ke rumahnya di Desa Setianegara, samsj melihat kobaran api dari arah Utara pintu gerbang masuk desa," ungkap M Khadafi Mufti, Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan dalam keterangannya.

Warga setempat berusaha memadamkan api, akan tetapi karena lokasi jauh dari sumber air, warga tidak bisa berbuat banyak. Pukul 18.55 WIB, Zeni Juniar, salah seorang warga menghubungi kantor UPT Damkar Kabupaten Kuningan.

Pukul 18.55 WIB, 5 anggota Damkar dari regu 3 piket dengan 1 Randis Damkar KR 4 menuju TKP, tiba sekitar 20 menit setelahnya. Dibantu anggota Polsek Cilimus, anggota Koramil Cilimus, anggot Satpol PP Kuningan, aparat Kecamatan dan Desa, serta dibantu warga, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Total kerugian diperkirakan mencapai totalRp 131 juta, yang terdiri dari bangunan, 1 unit mesin penggiling bibit, 1 unit motor jenis matik, dan 100kg bibit jamur. (AR27/Red)

Tidak ada komentar