Berita Terbaru

Madu Langka Asli Kabupaten Kuningan Dipinang Ibu Mentri

Berita Kuningan - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenpora RI Nadiah Zainudin Amali kunjungi Desa Kreatif Bojong, Sabtu (4/6/2022). Dalam Kunjungannya, Nadiah Amali beserta rombongan memborong produk-produk hasil pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) Desa Kreatif Bojong yang salah satunya adalah madu.

Madu yang dipinang oleh istri dari Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ini bukan sembarang madu. Madu bening dari lebah Apis Dorsata asli alam Kabupaten Kuningan ini termasuk sangat jarang sekali, bahkan termasuk langka dan unik.

Keunikan dari madu yang dikemas dan diberi merk Madu Kuningan ini terlihat jelas dari warnanya yang bening dengan sedikit kekuningan. Biasanya madu berwarna kuning, coklat, kemerahan atau berwarna gelap, untuk madu bening sangat jarang ditemukan.

"Madunya saya belum coba, cuma saya tadi melihat satu madu yang langka katanya, bening seperti minyak itu cuma sisa satu botol jadi saya ambil buat dicoba," ungkap Nadiah kepada Awak Media.

Sementara itu, Amar Thohir, pemilik Madu Kuningan menuturkan bahwa madu bening dari lebah liar Apis Dorsata atau dalam bahasa Sunda disebut Odeng tersebut baru pertamakali ia dapat selama kurang lebih sekitar 3 tahun berjualan madu. Menurutnya, itu kemungkinan dihasilkan dari nektar kapol dan sedikit nektar Kaliandra.

"Itu madu dari lebah liar atau Odeng, Lokasi sekitar tempat pemungutan madu banyak pohon kapol dan kaliandra, menurut informasi yang saya dapat, madu yang dihasilkan dari nektar kapol biasanya bening dan nektar kaliandra menghasilkan madu dengan warna kuning kehijauan," ungkap Amar.

Terkait masalah harga, Amar tidak mengungkapkan. Menurutnya, yang terpenting adalah madunya jatuh ke tangan orang yang tepat yakni seorang pencinta madu.

"Bu Mentri cerita kalau beliau pencinta madu. Berbagai jenis madu sudah dicoba mulai dari dalam negri sampai dari luar negri, makanya saya senang karena madu yang lumayan langka ini jatuh ke orang yang tepat," lanjut Amar.

Selain madu, Nadiah Amali juga sangat menyukai Susu Madu khas Desa Kreatif Bojong dan produk kuliner lainnya seperti emping, kripik beca, rangginang, kripik pisang, opak ketan, antias, rempeyek dan produk lainnya yang diproduksi oleh pelaku ekonomi kreatif yang didominasi perempuan ini. (AB05/Red)

Tidak ada komentar