Berita Terbaru

Mengapa Masjid Harus Harum?



Berita Kuningan - Masjid adalah salah satu tempat yang menjadi pusat berkumpulnya kaum muslimin. Utamanya , masjid digunakan umat muslim untuk tempat beribadah sholat berjamaah sebanyak lima kali dalam sehari. 

Selain difungsikan sebagai tempat beribadah sholat wajib, masjid juga sering difungsikan sebagai tempat kegiatan ibadah lainnya, seperti menyelenggarakan kajian ilmu, majelis musyawarah. Bahkan, beberapa masjid yang berada di lokasi jalanan antar kota sering dijadikan sebagai tempat transit dan beristirahat para musafir / orang – orang yang sedang dalam perjalanan.

Namun, seiring dengan banyaknya bangunan masjid yang tersebar di Nusantara, tidak berbanding lurus dengan banyaknya kalangan masyarakat yang peduli dengan kebersihan ruangan masjid itu sendiri. Tidak jarang, saat kita sedang berkunjung ke sebuah masjid untuk sholat, kegiatan ibadah, kita terkadang melihat masjid yang kurang bersih dan mencium bau yang kurang sedap yang membuat jamaah masjid jadi kurang nyaman saat melakukan ibadah.

Sementara Islam mengajarkan kebersihan dan keharuman sebagai salah satu ciri muslim yang baik, karena Allah Subhnahuwata'ala menyukai kebersihan. Bahkan saat kita akan mengerjakan sholat pun Rasulullah Salallahu'alayhiwassalam menganjurkan untuk memakai wewangian. Begitu pula dengan masjid – masjid kita, alangkah baik dan menambah kenyamanan jika masjid-masjid bersih dan harum oleh wewangian.

Anjuran Menjaga Kebersihan Masjid. Dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah SAW memerintahkan untuk membangun masjid di kampung-kampung dan hendaklah membersihkannya dan diharumkan”. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Turmudzi, Turmudzi menilainya sebagai hadis mursal).

Seperti halnya di rumah kita, di kantor kita, di tempat kita berkegiatan yang selalu kita jaga kesegaran udaranya dengan pengharum ruangan, tentu akan lebih baik jika setiap ruang masjid, terutama tempat dilaksanakannya sholat menggunakan pengharum ruangan. Keharuman dalam ruang masjid ini tidak boleh kalah dari keharuman ruangan kantor tempat kita bekerja yang senantiasa harum dan rapi serta terjaga.

Dengan harumnya masjid, diharapkan agar semakin banyak jamaah yang tergerak untuk memakmurkan  masjid dengan kegiatan – kegiatan ibadah, juga semakin khusyuk dan nyaman dalam beribadah tanpa terganggu oleh bau dan udara yang tidak segar. 

Selain itu, dengan menjaga harumnya masjid, diharapkan pula akan menjadi penyemangat bagi jamaah masjid yang untuk lebih peduli dan menjaga kebersihan masjid, sehingga masjid akan lebih bersih dan terawat.

Ada banyak alat pengharum yang dapat digunakan di masjid-masjid, salahsatunya adalah alat pengharum ruangan yang berbentuk tabung ( tank ) yang dapat diisi cairan pengharum berkapasitas 3 liter, dengan wewangian.

Banyak pula wewangin yang dapat dipilih untuk mengharumkan masjid, diantaranya adalah pengharum Almadinah yang beraroma khas haramain, yaitu aroma khas Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Nabawi.

Selain mengharmkan masjid, keharuman dali Almadinah juga dapat menjadi obat penawar rindu daripada kerinduan kepada Kota Makkah dan Kota Maddinah yang InsyaAllah akan selalu masuk kedalam jiwa.

Tak hanya itu, Almadinah juga menghadirkan aroma khas lainnya seperti aroma Rose Nabawi, Al Rawda, Hajar Aswad, Kiswah, Haramain Oud dan aroma khas dari Masjid Al Haram dan Masjid Nabawi lainnya.

Di Kabupaten Kuningan, produk pengharum tersebut bisa didapatkan di Jalan Veteran, no.3, Kelurahan Kuningan, Kec. Kuningan, atau Jalan Kramatmulya samping Masjid An-Nur (ABC hijrah store) atau melalui WhatsApp : 08997780999 dan 085353788999

4 komentar:

  1. Tabarakallahu...masjid jd harum rmh,kantor mbl pun kini harum bak makkah madinah

    BalasHapus
  2. Saya salahsatu pemakai parfum al madinah. Humidifiernya saaya pakai dirumah.dan aerosol diwarung moty yogurt.u aroma sy suka kiswah dan rose nabawi.. obati rindu ke tanah suci.

    BalasHapus
  3. Semoga semua Masjid di Indonesia Harum Semerbak Kemewahan Aroma Makkah dan Madinah

    BalasHapus
  4. Karena mesjid merupakan tempat yg sangat dicintai Allah

    BalasHapus