Berita Terbaru

GARDU Berikan Ungkapan Terimakasih kepada Bapak UMKM Kuningan



Berita Kuningan - Dalam kemeriahan acara Jambore Nasional Perguruan Tinggi dan Gerakan berkoperasi sekaligus Expo UMKM dan Pesona Kopi Kuningan, Bupati Kuningan, Acep Purnama  mendapat penghargaan dinobatkan sebagai Bapak UMKM Kabupaten Kuningan, Sabtu (18/12/2021).

Pemberian plakat yang ditandatangani oleh sekitar 20 Ketua Komunitas UMKM Kabupaten Kuningan dilaksanakan di Kampung Tumaritis, Desa Wisata Sakerta Timur Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan disaksikan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim.

Sebelumnya Bupati mendapat Penghargaan Natamukti  2021 yang diterima pada tanggal 9 Desember 2021 dari ISCB, sebagai bentuk apresiasi kepada kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di daerahnya masing-masing.

Selain penghargaan sebagai Bapak UMKM dari berbagai komunitas UMKM Kuningan, Komunitas Saudagar Madu Indonesia (GARDU Indonesia) juga secara khusus memberikan plakat sebagai ungkapan terimakasih kepada Bapak UMKM Kuningan.

"Plakat ini mungkin harganya tidak seberapa, namun ini adalah ungkapan terimakasih dari kami Komunitas GARDU kepada Pak Acep yang telah peduli dan mendukung kami dan kawan-kawan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan," ungkap Ketua GARDU Indonesia, Muhammad Yusuf yang diwakili Nasrudin, Kepala Bidang Pemasaran.

Nasrudin mengungkapkan bahwa, diperlukan sinergitas antara pelaku UMKM dan pemerintah untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan sebagai langkah untuk mencapai kesejahteraan ekonomi bagi para pelaku UMKM.

"Kami para pelaku UMKM kebanyakan awam, terutama masalah pengurusan legalitas yang menurut kami selain rumit karena tidak paham, juga biaya yang tidak sedikit, untuk itu kami butuh bimbingan, dan Pak Acep peduli dan membantu dalam hal tersebut," lanjut Nasrudin.

Selain masalah legalitas, kata Nasrudin, Acep juga banyak membantu pelaku UMKM Kuningan melalui SKPD dengan berbagai program seperti program bantuan, Bimtek, dan lainnya, sehingga layak menjadi Bapak UMKM Kabupaten Kuningan.

Nasrudin juga menerangkan, setelah pengangkatan sebagai Bapak UMKM. Kabupaten Kuningan ini pihaknya akan menantikan kinerja selanjutnya, apakah semakin meningkat atau menurun.

"Setelah penobatan ini kami akan melihat, apakah Pak Bupati semakin peduli terhadap para pelaku UMKM atau bahkan sebaliknya. Jika ternyata tidak sesuai harapan dan tidak layak, kami khususnya Gardu Indonesia akan mencabut kembali pengakuan yang telah kami berikan," tegasnya.

Selain Bupati, GARDU Indonesia juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagperin) Kabupaten KuninganU. Kusmana yang menjadi kepanjangan tangan Bupati untuk membina para pelaku UMKM.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kadis Kopdagperin beserta jajaran yang telah bekerja keras dan tak bosan-bosannya untuk membina kami. Semoga seluruh pelaku UMKM bisa merasakan manfaatnya tanpa tebang pilih," ujarnya. 

Selain penganugrahan Bapak UMKM Kabupaten Kuningan, Bupati juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan MoU kemitraan UMKM dengan stakeholder serta Bisnis Matching dengan Agen Travel,Toko Modern, Hotel, Restoran dan Toko Oleh-oleh ternama di Jawa Barat. (AR27/Red)

Tidak ada komentar