Berita Terbaru

Ketua KSK Minta Maaf, Bupati : Saya Nyatakan Persoalan Ini Selesai



Berita Kuningan - Kegeraman masyarakat Kabupaten Kuningan akibat beberapa hal yang  menyinggung perasaan masyarakat Kuningan saat audiensi antara Kelompok Seni Kuningan (KSK) dengan Bupati Kuningan akhirnya mereda.

Hal tersebut terjadi setelah adanya islah antara pengurus KSK dengan Bupati yang difasilitasi oleh Nana Mulyana Latif, Pencipta lagu sekaligus pemilik SMK Penerbangan Taufiq Mubarok, Kamis malam (30/7/2021).

"Jujur kami masih geram dengan kejadian kemarin. Tapi bagaimanapun juga KSK itu masih saudara kita. Mereka hanya seniman yang lebih menggunakan rasa, jadi saya curiga ada orang luar yang menunggangi entah untuk kepentingan apa," ungkap Nana.

Bahkan menurut Nana, dari informasi yang dia dapat, ada beberapa pelaku seni yang memojokkan KSK. Menurutnya itu sangat tidak objektif. Seharusnya, kata Nana, cari dalang utama dari kejadian tersebut biar tidak ada kesan persaingan antar seniman.

"Kami tadi malam sekaligus bertabayun untuk mencari siapa seharusnya yang bertanggung jawab. Jangan sampai ada yang lempar batu sembunyi tangan dan saudara-saudara kami di KSK yang jadi Kambing hitam. Menurut informasi yang saya dapat, bahkan ada penasehat dari Cirebon yang sudah mengundurkan diri," lanjut Nana.

Sementara itu, Ketua Umum KSK, Tatang Kosasih, usai islah tersebut, didampingi Bupati Kuningan Acep Purnama, Nana Mulyana Latif sebagai mediator dan Gus Rokhim dari Sastra Belantara menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak termasuk seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan.

Tatang memohon maaf jika ada yang kurang berkenan dalam audiensi KSK beberapa hari lalu sehingga menimbulkan keresahan ditengah masyarakat. Menurutnya, semua itu hanyalah spontanitas.

"Saya Tatang Koswara, ketua umum KSK, memohon maaf kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Kuningan, juga teman-teman seniman atas tindakan kami yang kurang berkenan ketika tempo hari kami ke pendopo, itu semua karena spontanitas kami.  Kejadian ini untuk pembelajaran kami kedepannya," ungkap Tatang dalam sebuah video.

Sementara itu, Bupati Kuningan sangat mengapresiasi hal tersebut. Acep menegaskan kepada masyarakat termasuk para pelaku seni apapun wadahnya, bahwa permasalahan tersebut telah selesai.

"Khususnya kelompok seni apapun wadah dan dimana pun berada, itulah pernyataan tulus dari saudara Tatang Koswara Ketua Umum KSK, yang telah menyadari kekeliruan sekaligus permohonan maaf," ungkap Acep.

Acep menyampaikan bahwa sebagai teman atau sahabat harus tetap bersama dalam suka dan duka serta harus saling memaafkan, dan ia menegaskan bahwa permasalahan ini telah selesai.

"Saya nyatakan persoalan ini selesai dan tidak ada apa-apa lagi. Bahkan tadi kita komitmen untuk bagaimana menangani Covid sembilan belas, menatap masa depan yang lebih baik lagi sesuai tupoksi kita masing-masing," tegasnya.

Acep pun berjanji akan membantu semampunya bagi para seniman yang tergabung dalam KSK menghadapi masa PPKM, salahsatunya adalah akan memberikan paket Sembako. (AR27/Red).

Tidak ada komentar