Berita Terbaru

Emak-emak Kampus UMKM Kuningan Tebar Ratusan Dus Takjil


Berita Kuningan - Puluhan emak-emak yang tergabung dalam Forum Edukasi dan Diskusi Kampus UMKM Kuningan mengemas dan membagikan ratusan dus takjil di depan Taman Cirendang yang berlokasi di Kelurahan Cirendang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jum'at (15/3/2021)

Uniknya, kecuali kurma dan air mineral, hampir semuanya adalah produk UMKM yang biasa dijual oleh para pelaku UMKM untuk menambah penghasilan sehari-hari. Dengan semangat kekeluargaan dan gotong-royong yang ditanamkan di forum edukasi Kampus UMKM Kuningan ini.

Masing-masing secara sukarela membuat dan mendonasikan produknya mulai dari kue basah seperti dadar gulung, risol, puding, pizza mini, onde-onde, brownies mini, mochi, gabin tape, piscok, pastel, dan lainnya, hingga kue kering seperti bola susu, sagon, dan kerupuk seblak, jeruk, dan sebagian berdonasi uang.

Dipilihnya hari Jum'at pada awal Ramadhan, menurut Dewi Puspita Sari, Koordinator Divisi Sosial Forum Edukasi Kampus UMKM Kuningan,   karena hari Jum'at merupakan rajanya hari yang penuh keberkahan, dan untuk berbuat baik harus disegerakan.

"Alhamdulillah, hampir semua yang kita berikan adalah hasil produk para pelaku UMKM. Dipilihnya hari Jum'at karena, meski semua hari baik, namun kami ummat Muslim meyakini, sebagaimana disampaikan Rasulullah ShalAllahu 'alayhi wassalam bahwa hari Jum'at adalah rajanya hari, dimana yang InsyaAllah banya turunnya keberkahan. Dipilihnya awal-awal Ramadhan, karena prinsipnya jangan menunda berbuat baik, harus disegerakan," ungkap Dewi.

Takjil dibagikan kepada ojeg pangkalan, pedagang sekitar, supir angkot, ojol, dan para pengendara yang melintas di jalan tersebut, untuk menyegerakan berbuka puasa jika waktunya tiba, namun masih dalam perjalanan.

Kegiatan berbagi ini, kata Dewi, InsyaAllah akan menjadi agenda kegiatan rutin setiap hari Jum'at selama bulan Ramadhan. Diharapkan, ini akan terus mengasah kepekaan sosial dari keluarga besar Kampus UMKM Kuningan, tentu saja selain tujuan utama yakni mencari ridhlo Allah.

"InsyaAllah kegiatan berbagi ini akan menjadi agenda rutin setiap hari Jum'at, selama bulan Ramadhan. Bentuknya bisa pembagian takjil seperti sekarang, atau  bisa juga berbagi sembako dan lainnya. Semoga ini semakin mengasah kepekaan sosial Keluarga Besar Kampus UMKM Kuningan yang MasyaAllah pada dasarnya sudah gemar bersedekah," lanjut Dewi.

Masyarakat Kabupaten Kuningan mengapresiasi dan merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut, dimana belum banyak yang melakukan hal serupa di awal-awal bulan Ramadhan, sebagaimana disampaikan Riyan Purnama, pedagang yang biasa berjualan di Taman Cirendang.

"Acara berbagi takjil ini sangat bagus, di awal-awal Ramadhan ini setahu saya belum ada, ini baru dari Kampus UMKM Kuningan. Semoga menjadi semangat dan motivasi untuk yang lain," pungkas Riyan. (AR27/Red)

Tidak ada komentar