Berita Terbaru

Seribu Lebih Mahasiswa/i Prasmul Lakuka Pengabdian Masyarakat Melalui Comdev di Kuningan

Berita Kuningan - Universitas Prasetiya Mulya kembali menjalankan program CommunityD evelopment di tahun 2024. Program ini diikuti oleh lebih dari 1000 mahasiswa/i Semester 5 Universitas Prasetiya Mulya yang melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Kuningan.

Community Development (COMDEV) merupakan program yang berfokus pada pengembangan bidang ekonomi yang dilakukan oleh mahasiswa/i Prasetiya Mulya (Prasmulyan) melalui mata kuliah wajib Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis kewirausahaan. Melalui mata kuliah ini, Prasmulyan dituntut untuk membantu melakukan pengembangan kewirausahaan para pengusaha kecil di desa dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan serta menerapkan pelaksanaan SDGs secara nasional maupun internasional. 

Melalui program ini,nPrasmul tidak hanya terjun secara langsung ke lapangan untuk mendapatkan pengalaman, tetapi juga sebagai bentuk pembelajaran empati dan moral serta menjadi sarana penerapan value CHAIN (Caring, Humility, Achieving, Integrity, Non-discrimination) dan karakter LEAMICA (Leadership, Entrepreneurship, Analytical Thinking, Maturity, Interpersonal Relationship, Communication, Achievement) yang dipercayai oleh Universitas Prasetiya Mulya.

COMDEV 2024 live in akan dilaksanakan selama 20 hari dimulai sejak tanggal 19 Februari hingga 9 Maret 2024 nanti. Pelaksanaan COMDEV dilakukan diberbagai desa di 8 Kecamatan di Kuningan. Selain itu diluar Kabupaten Kuningan juga dilaksanakan di Banyumas. COMDEV dilaksanakan oleh 128 kelompok yang terdiri dari kelompok pendampingan UMKM, Desa, Kabupaten, dan Industri. Acara COMDEV 2024 akan ditutup dengan dilaksanakannya SAUNG RAHAYAT 2024.

Saung Rahayat adalah sebuah acara yang menjadi perwujudan dari kerja keras para mahasiswa selama 20 hari program Kuliah Kerja Nyata Universitas Prasetiya Mulya tersebut. Para mitra UMKM yang telah didampingi Prasmul di berbagai kecamatan di Kabupaten Kuningan akan berkumpul di satu pameran, di mana mereka akan memamerkan produk kebanggaan mereka dalam rangka menyebarkan pengetahuan tentang produk mereka ke warga sekitar.

Tidak lupa, Saung Rahayat akan menjadi ajang di mana para mitra UMKM akanmenjual produk-produk mereka kepada para pengunjung acara. Acara ini dapat menjadi wadah bagi mitra UMKM dan usaha kecil dalam mengembangkan usaha mereka. 

Saung Rahayat juga akan diramaikan dengan kegiatan-kegiatan seni budaya dalam rangka melestarikan kearifan lokal Kabupaten Kuningan sehingga para pengunjung dapat menikmati pertunjukkan-pertunjukkan yang akandilaksanakan (pesta rakyat).

Saung Rahayat akan dihadiri oleh lebih dari 3500 pengunjung dengan segmentasi pasar yang beragam. Kami juga akan mengundang para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kuningan untuk turut datang dalam seremonial puncak acara Community Development Universitas Prasetiya Mulya ini.

Pada kesempatan kali ini, Saung Rahayat akan menggelar acara tahunan diWoodland, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, pada Rabu, 6 Maret 2024. Sebagai puncak dari kebersamaan para mahasiswa dan warga Kabupaten Kuningan, kami mengangkat Tema: Saung Sang Arya yang terinspirasi dari folklor Arya Kamuning sebagai sosok pemimpin yang turut aktif mengembangkan potensi kekayaan di Kuningan pada masanya. 

Acara tahunan ini sebagai tanda penutup dari kegiatan COMDEV 2024 ini dimana nantinya akan hadir beragamnya kearifan lokal, khususnya di Desa Kuningan ini, seperti adanya pameran produk UMKM, pertunjukan budaya hingga adanya workshop terkait pengelolaan Bank Sampah.

Saung Rahayat adalah sebuah persembahan dari Universitas Prasetiya Mulya terhadap para UMKM dan seluruh masyarakat Kuningan. Diharapkan dengan adanya Saung Rahayat ini, semua pihak yang dapat ikut berpartisipasi bisa melihat keberlanjutan unit-unit usaha yang terbantu oleh kehadiran COMDEV 2024. Tidak lupa, Kuningan dan Woodland memiliki pesona alam dan wisatanya tersendiri. Semua pengunjung akan merasa puas dengan menghadiri acara yang disusun oleh universitas terkemuka ini. Masyarakat dapat mengikuti pesta rakyat ini dan bergembira bersama dengan pertunjukkan yang disuguhkan. (Ril/Red)

Tidak ada komentar