Berita Terbaru

Iwan Bule Dongkrak Elektabilitas Partai Gerindra di Dapil X

Berita Kuningan - Datang sebagai Calon Legislatif (Caleg) pendatang baru di wilayah Dapil X Jawa Barat (Jabar) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berhasil menaikan elektabilitas Partai Gerindra di wilayah tersebut. 

Hal itu berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh lembaga Survei Tenggara Strategics yang merilis hasil survey elektabilitas partai, caleg DPR RI dan calon presiden dan wakil presiden RI di Dapil X. 

Dalam hasil survei itu dijelaskan bahwa pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran diprediksi menguasai wilayah dapil X Jabar dengan perolehan 46%, pasangan Anis-Imin 29%, pasangan Ganjar-Mahfud 9% serta masayarakat yang tidak memberikan jawaban sebesar 16%.

Selain itu, Partai Gerindra juga diprediksi menjadi partai politik pemenang legislatif di wilayah Dapil Jabar X dengan perolehan 17% mengalahkan PDI-P yang dengan angka 13,4% diikuti PKS dengan perolehan angka 12,8%.

Survei Tenggara Strategics yang merupakan lembaga konsultan dan penelitian yang dibentuk oleh CSIS Indonesia, The Jakarta Post dan Universitas Prasetiya Mulya itu menilai bahwa faktor naiknya elektabilitas Partai Gerindra di wilayah Dapil X Jabar karena munculnya Caleg pendatang baru Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. 

Iwan Bule berhasil menjadi caleg di wilayah Dapil X Jabar dengan popularitas 17% dan elektabilitas sebesar 19% diantara para caleg DPR RI di Dapil X Jabar. 

"Salah satu faktor pendongkrak suara partai Gerindra di Jabar X adalah kehadiran caleg pendatang baru Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang menggantikan posisi Ardhya Pratiwi sebagai caleg nomor satu partai Gerindra," tulis keterangan lembaga Survei Tenggara Strategics melalui pres release, Senin (5/2/2024). 

Lembaga Survei Tenggara Strategics juga memprediksi bahwa Iwan Bule akan melengkapi dafrtar caleg DPR RI asal Jabar X yang kemungkinan besar akan dikuasai oleh anggota legislatif petahana. 

Dari hasil survey yang dilakukan oleh lembaga Survei Tenggara Strategics di 4 Kabupaten dan Kota Dapil X Jabar Iwan Bule mendominasi di wilayah Kabupaten Ciamis dan Kuningan yang merupakan dia Kabupaten terbesar dengan 80% jumlah pemilih dari seluruh jumlah pemilih di Dapil X Jabar. 

"Di Ciamis Iwan Bule kelihatan sangat dominan dengan elektabilitas 19% diikuti surahman 13%, M. Nurdin 11%, Agun Gunanjar 9%, dan Didi Irawadi 6% sementara itu di Kota kelahirannya Iwan Bule mendominasi dengan elektabilitas 18%," tulis keterangan lembaga Survei Tenggara Strategics. 

Namun lembaga Survei Tenggara Strategics menilai bahwa hasil tersbut bisa saja berubah karena masih banyak masyarakat Jabar yang belum menentukan pilihan caleg mana yanag akan dicoblos pada 14 Februari mendatang. 

"Sebesar 22% masyarakat di Jabar belum menentukan pilihan caleg sehingga pertarungan perebutan suara masih akan terus berlangsung," tulis keterangan lembaga Survei Tenggara Strategics. 

Sebagai informasi, lembaga Survei Tenggara Strategics melakukan survei tersebut pada tanggal 22 hingga 26 Januari terhadap 816 responden dengan metode tatap muka dan memiliki margin error sebesar 3,5%. (Jopray/Red)

Tidak ada komentar