Berita Terbaru

20 Eks Napi Kuningan Dapat Bimbingan Kepribadian


Berita Kuningan -
Mengingat pentingnya pembekalan ilmu bagi eks narapidana (Napi) yang baru keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), sekitar 20 eks Napi yang baru keluar dari Lapas Kuningan mendapat Bimbingan Kepribadian dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas 1 Cirebon Pos Kuningan, dilaksanakan di ruang Banmus Gedung DPRD Kuningan, Rabu (7/9/2022).

Materi disampaikan oleh Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pancaran Hati Cirebon, Yanto Iriyanto SH MH, yang dihadiri Kepala Bapas Kelas 1 Cirebon Unggul Widiyo Saputro, Ketua MUI Kabupaten Kuningan KH Dodo Syarif Hidayatullah yang juga sebagai pemateri, beserta 20 peserta yang merupakan mantan narapidana yang baru saja keluar dari Lapas Kuningan.

“Mereka kita kasih ilmu tentang kemandirian. Contohnya pangkas rambut, service AC, dan kosmetik atau kemandirian lainnya yang membuat mereka ketika keluar dari Lapas bisa bermanfaat di masyarakat. Mereka benar-benar bisa mandiri dan diterima kembali di masyarakat,” ungkap Yanto, usai menyampaikan materi.

Yanto menjelaskan, eks napi harus memiliki bekal ilmu yang bermanfaat ketika keluar dari Lapas setelah ditahan bertahun-tahun. Hal itu sangatlah penting , agar saat berbaur kembali dengan masyarakat,bisa benar-benar mandiri untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga, hingga bisa memperbaiki citra.

"Citra mantan narapidana yang baru keluar dari Lapas itu terkesan menakutkan bagi masyarakat. Padahal, semestinya tidak begitu. Untuk itu, agar citra buruk tersebut dapat diminimalisir, maka para eks napi harus dibekali ilmu yang bermanfaat," lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak sejumlah mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sedang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), ikut mendengarkan pemaparan para pemateri. (Jopray/Red)

Tidak ada komentar