Berita Terbaru

Seniman Disabilitas Kuningan Sabet Juara Lomba Lukis Kelas Umum Tingkat Provinsi



Berita Kuningan - Meski dalam keterbatasan, Obar Sobarudin (25), seorang penyandang disabilitas warga Desa Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan berhasil meraih juara ke-3 tingkat provinsi lomba lukis menyambut 2 Dekade Partai Demokrat.

Dalam lomba yang diselenggarakan DPD Demokrat Jawa Barat bertemakan "Berkoalisi Dengan Rakyat" ini, Obar yang tidak dapat memfungsikan tangannya dengan normal memilih subtema "Menyelamatkan Ekonomi Masyarakat".

"Melalui lukisan saya ingin menyampaikan, mari selamatkan ekonomi rakyat, dengan menganjurkan para petani untuk menggunakan pupuk organik, agar tanah menjadi subur kembali dan hasil panen yang meningkat," kisah Obar pada Berita Kuningan, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, pemilihan judul tersebut karena ia menilai saat ini sudah sangat jarang petani yang menggunakan pupuk organik. Padahal, menurut informasi yang ia dapat, pupuk organik selain murah juga mampu meningkatkan kualitas baik lahan maupun hasil pertanian sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya petani.

"Semoga lukisan saya bisa menginspirasi masyarakat tani untuk kembali menggunaka. pupuk organik agar memperbaiki hara tanah sehingga hasil pertanian bisa lebih baik dan ekonomi petani semakin meningkat," lanjut Obar.

Luar biasanya, lomba lukis yang diikuti Obar adalah kelas umum, bukan kelas khusus disabilitas. Obar mampu meraih prestasi juara ke-3 mengungguli pesaing-pesaing lainya yang bukan penyandang disabilitas.

"Semoga karya saya bisa lebih dikenal khalayak ramai. Sepanjang saya melukis baru kali ini saya mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba dan Alhamdulillah bisa masuk tiga besar tingkat provinsi jawa barat," ujar Obar dengan senang.

Obar juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya, juga kepada Partai Demokrat yang telah menyelenggarakan lomba tersebut sehingga pegiat seni lebih mendapat ruang untuk menuangkan inspirasi.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada DPD Partai Demokrat yang telah mengijinkan saya mengikuti lomba ini meski saya seorang disabilitas. Juga untuk Pak Toto Hartono Ketua DPC Demokrat Kuningan, Pak Otong Atikurohman Kepala Desa Gunung Sirah, dan semua pihak yang telah mendukung saya yang tak bisa disebutkan satu-persatu," pungkasnya. (AR27/Red)

Tidak ada komentar