Pasanggiri Silat, Paguron Bima Suci Raih Juara Umum



Berita Kuningan - Lestarikan warisan budaya bangsa sekaligus jelang Festival Pasanggiri Silat Jawa Barat tahun 2020, Dinas Pemuda, Olahraga dan Patiwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan gelar Pasanggiri tingkat Kabupaten yang diselenggarakan di aula Hotel Ayong, Linggarjati, Kuningan, Rabu (4/11/2020).

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama dengan penabuhan gong sebagai tanda, dihadiri oleh 
Acara Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Dedy Suhardjito.

Hadir pula Ketua Umum Pengcab IPSI Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra,
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan Dr. H. Toto Toharuddin, Ketua Umum Koni Kabupaten Kuningan Drs. H. Enay Sunaryo dan Para Ketua Paguron, Pelatih serta Para Atlet Peserta Festival Pasanggiri Silat.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Kadisporapar Kab. Kuningan Dr. H. Toto Toharuddin menuturkan, pemenang dari tingkat Kabupaten ini akan menjadi perwakilan Kabupaten Kuningan untuk mengikuti Festival Pasanggiri Silat Tingkat Jawa Barat tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara virtual.

"Yang keluar sebagai juara nanti akan menjadi perwakilan Kabupaten Kuningan untuk mengikuti Festival Pasanggiri Silat Tingkat Jawa Barat Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan berpesan agar ditengah moderenisasi para pesilat tetap menjaga Pakem. "Meski dikolaborasikan dengan musik moderen dan sebagainya, saya berpesan agar tetap menjaga Pakem," ungkap Acep.

Selain itu, Bupati juga meminta agar setiap peserta berjiwa kesatria dan sportif menerima hasil keputusan juri. Acep yakin semua juri yang ada netral, tidak ada keberpihakan.

Festival tersebut diikuti peserta dari 10 Paguron Silat yakni PPSM Cijoho, Tadjimalela, Padjajaran Cimande, Padjajaran Nasional, Sirung Karuhun, Bima Suci, Merpati Putih, Merak Emas, Surangga Panglipur dan Macan Hitam.

Keluar sebagai juara umum, juara pertama diraih oleh Paguron Bima Suci, Juara Kedua oleh Paguron Merpati Putih dan Juara Umum Ketiga diraih oleh Paguron PPSM Cijoho.

Dengan rincian juara sebagai berikut :

Kategori Tunggal Putra :
1. Syahdan - Bima Suci
2. Darel Arga - Bima Suci
3. Padil Rahmat - Merpati Putih

Kategori Tunggal Putri :
1. Vanesha - Bima Suci
2. Nazwa Ilabi - Bima Suci
3. Nurul Asyifa - Merpati Putih

Kategori Sesepuh Putra : 
1. Hasanudin - Macan Hitam
2. Djudjum Djumari - Bima Suci
3. Bukhori - Tafjimalela

Kategori Sepuh Putri :
1. Cicih - PPSM Cijoho
2. Nani - Merak Emas

Kategori Ganda Putri :
1. Ajeng dan Putri - Bima Suci
2. Zoya dan Dian - Merpati Putih
3. Ravielda dan Diandra - Tadjimalela

Kategori Ganda Putra : 
1. M Ari dan Agung - Merpati Putih
2. Rianto dan Rizki - Sirung Karuhun
3. M Nurbayu dan M Rama - Padjajaran Nasional. (AR27/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers