Berita Terbaru

Bangkitkan UMKM, Uniku Gelar KKN Uniku Expo 2020




Berita Kuningan -
Pandemi Covid-19 berdampak pada segala bidang, termasuk ekonomi. Guna membantu membangkitkan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan, Universitas Kuningan (UNIKU) menggelar KKN UNIKU EXPO tahun 2020, di Gedung _Student Center_ Iman Hidayat, pada Kamis (3/9/2020).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat UNIKU, Oding Syafrudin, menjelaskan bahwa  produk-produk UMKM dari 61 Desa di Kabupaten Kuningan, 20 kecamatan se-Kuningan yang menjadi tempat KKN Tematik Kewirauhasaan Mahasiswa UNIKU tahun ini akan dikembangkan. 

"Dalam pelaksanaannya, KKN ini digelar 70% secara daring dan 30% secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan." ujarnya.

Karenanya, untuk mempublikasikan produk hasil KKN mahasiswa UNIKU ini, pihaknya menggelar pameran potensi desa secara daring selama sepekan, 1-7 September 2020. Sedangkan untuk gelar pameran hasil KKN berbasis potensi desa secara luring, digelar dalam KKN UNIKU EXPO Tahun 2020, tanggal 03/09/2020.

KKN UNIKU tahun 2020, menurutnya merupakan salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana mahasiswa harus menjadi _agent of change_, untuk mengabdi pada masyarakat dalam pengembangan potensi yang ada di desa.

"Kegiatan KKN sendiri adalah pemberdayaan masyarakat di masa Pandemi Covid-19 melalui digitalisasi produk unggulan desa." ujarnya.

Sementara, Rektor UNIKU, Dikdik Harjadi, berharap agar KKN tahun ini bisa jadi ajang promosi potensi desa, dan dapat menumbuhkan produk-produk unggulan desa yang diolah secara kreatif dan inovatif dari hasil pembinaan mahasiswa KKN di masyarakat.

"Tujuan KKN ini ke depan bisa menjadi media promosi tentang potensi desa di lokasi KKN. Dari promosi potensi desa ini diharapkan ada komunikasi antara pemerintah daerah, masyarakat, investor, dan pihak yang berkepentingan lainnya," ungkapnya.

Di tengah kondisi pandemi yang penuh keterbatasan ini, pihaknya bersyukur, KKN mahasiswanya bisa terlaksana untuk memberikan yang terbaik selain untuk tugas akademik, sekaligus berkontibusi positif bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

"Untuk ke depan kita akan fokuskan KKN di lokasi yang tetap selama tiga tahun ini, agar hasilnya benar-benar maksimal bisa diperoleh. Tahun pertama di tahun lalu, kita fokuskan pada penggalian potensi produk unggulan desa." tandas Dikdik.

Diterangkannya, KKN Tematik Kewirausahaan ini diselenggarakan berkat kerjasama UNIKU dengan USAID. KKN tahun 2020 ini adalah tahun kedua, dengan fokus kegiatan digitalisasi produk yang telah diidentifikasi dan digali sebelumnya, agar ada kesinambungan.

"Sehingga hasil KKN ini benar-benar ada _output_ yang nyata dan tidak hilang begitu saja. Hingga tahun 2021 akan tetap fokus di desa yang sama, " terangnya.

KKN UNIKU EXPO 2020 mendapat apresiasi  dari Asda 2 Setda Kuningan, Deni Hamdani, menurutnya kegiatan tersebut dapat membantu untuk memajukan potensi desa-desa di Kabupaten Kuningan.

"Semoga dengan kegiatan ini kita semakin cinta pada daerah Kuningan ini. Karena sebenarnya banyak potensi di Kuningan ini yang belum maksimal dikembangkan dan dipasarkan lebih jauh." kata Deni.

Menurutnya, kegiatan KKN ini sejalan dengan visi Kabupaten Kuningan, yakni Kuningan Maju berbasis desa, yang juga bertujuan menggali potensi desa menjadi desa-desa unggulan di masa yang akan datang. (AD27/Eca/Red)

Tidak ada komentar