Berita Terbaru

PKS Dukung Bupati Kuningan Tegakan Aturan



Berita Kuningan - Beredarnya berita di beberapa media terkait adanya tekanan kepada Bupati Kuningan dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan oleh DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), terkait langkah Pemda dalam penegakan aturan dengan melakukan penyegelan Batu Satangtung, Blok Curug Go’ong, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, mendapat tanggapan serius DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kuningan. 

Terutama adanya instruksi DPP PDI Perjuangan agar Bupati Kuningan mengkaji ulang, sekaligus mengevaluasi penyegelan dianggap sangat tidak etis.

PKS menilai, penyegelan pembangunan Batu Satangtung oleh Pemkab Kuningan sudah tepat. Sudah sesuai dengan fakta hukum. PKS sangat mendukung penegakan hukum yang sudah ditempuh.

“Penegakan hukum yang benar dapat menjamin ketenangan di tengah masyarakat," kata Agus, Selasa (28/7/2020).

PKS mendukung upaya Bupati dalam penegakan Perda terkait pelarangan pembangunan dan penyegelan bakal makam tokoh Paseban yang tak berizin tersebut. Batu Satangtung itu, diinterpretasikan PKS sebagai tugu yang harus mengantongi izin mendirikan bangunan.

Selain perizinan, mencuat juga penolakan masyarakat sekitar. Ini juga menjadi dasar lain pelarangan pembangunan bakal makam di Curug Go'ong. 

“Masyarakat bahkan menyebut area tersebut, sebagai situs buatan. Terlebih surat penolakan disampaikan juga secara tertulis oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Cisantana dan Kecamatan Cigugur,” ungkap Agus.

Sebab itu, PKS berharap pemerintah daerah segera menuntaskan masalah ini secara bijak. Mampu memenuhi rasa keadilan agar tidak terus berkembang dan menjadi besar. Akibatnya, mendapat respon luas hingga tingkat nasional. Masalah ini sebaiknya diselesaikan dengan kearifan lokal sesuai hukum berlaku.

“PKS berharap Pemda tidak terpengaruh intervensi pihak manapun. Yang justru akan menambah rumit penyelesaian,” harap dia.

Agus meyakini, Pemkab mampu konsisten dan tidak mundur dalam menyelesaikan masalah ini. “PKS siap mengawal dan memberikan kontribusi solusi jika diminta. Kalau Pemda tidak konsisten, PKS akan mengingatkan," tegas Agus. (AR27/EH16/Red)

Tidak ada komentar