Pengurus PPHI DPD Kabupaten Kuningan Resmi Dilantik dan Dikukuhkan


Berita Kuningan – Setelah menerima mandat pada bulan lalu, pengurus Perhimpunan Praktisi Hukum Indonesia (PPHI) DPD Kabupaten Kuningannresmi dilantik. Bertempat di Purnama Mulia Convention Hall, Jl. Raya Cigugur KM 1,5 Cigugur, Kuningan, Senin (27/10/2019) malam.

Pelantikan dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP PPHI periode 2019-2022 Dr.Tengku Murphy Nusmir,SH.MH, beserta jajarannya, Perwakilan DPD PPHI dari beberapa daerah, Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.MH, Perwakilan Dandim 0615/ Kuningan, Kapten Arh Dulkadir, Perwakilan Kapolres Kuningan dan tamu undangan lainnya.

Ketua Umum PPHI, Tengku Murphy menyampaikan saat ini masih banyak sekali masyarakat yang membutuhkan Advokat , bantuan mendapat keadilan yang sama, sesuai dengan VISI dan Misi awal yaitu menjadi perhimpunan praktisi hukum masyarakat Indonesia.

“Fungsi PPHI disini yaitu untuk menegakan kesetaraan keadilan dimasyarakat. Melalui PPHI ini, masyarakat akan mengerti hak dan kewajibannya. Sehingga dalam hal ini, masyarakat diharapkan mampu mengaplikasikan pengabdian hukum dengan edukasi dan sosialisasi,” ungkapnya.

Karena menurutnya, wawasan hukum itu harus disiarkan, disebarluaskan. Jangan terkesan eksklusif atau hanya diketahui oleh segelintir orang saja.

“Saya berharap masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Kabupaten Kuningan jangan hanya menjadi objek hukum saja. Melalui PPHI ini, masyarakat bisa menjadi subjek hukum dengan pengawasan dan bersama-sama meminimalkan kesewenang-wenangan hukum oleh individu ataupun kelompok tertentu,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, atas dasar kebutuhan masyarakat akan advokat, dan berbagai bantuan hukum itu maka PPHI didirikan sebagai tempat dan wadah untuk membantu dan mengabdi kepada masyarakat dalam membela keadilan sehingga semua masyarakat mendapatkan keadilan yang sama di mata hukum.

“PPHI ini sebagai organisasi, bukan sebagai profesi advokat, tapi didalamnya tidak menutup kemungkinan para advokat untuk bergabung kepada kami, begitu juga yang bukan advokat kami ajak bergabung di PPHI, kita bersama-sama menegakan Hukum dan Keadilan,” ujarnya.

Ketua terpilih Toto Suripto menjelaskan dengan terbentuknya DPD PPHI Kabupaten Kuningan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam penegakan supremasi hukum.

“Semoga PPHI DPD Kabupaten Kuningan dapat berkiprah dan berperan aktif di masyarakat untuk dapat memberikan pemahaman-pemahaman hukum dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan hukum,” jelas Toto.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.MH dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada pengurus PPHI DPD Kabupaten Kuningan yang telah dilantik agar bisa bersinergis dengan pemerintah dalam mewujudkan Visi Kuningan Maju.

“Saya juga berharap dengan adanya PPHI di Kabupaten Kuningan dapat membantu warga yang tidak mampu jika ada permasalahan hukum,” harapnya. (AR27/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers