Berita Terbaru

Kelurahan Cijoho dan Desa Gunungkeling Tutup Bina Wilayah TP PKK Kabupaten


Berita Kuningan - Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan menggelar Agenda Tahunan Bina Wilayah ke setiap Kecamatan. Berkunjung ke 32 Kecamatan dan 32 Desa untuk mengevaluasi kegiatan 10 Program PKK. Disamping itu, kegiatan Bina Wilayah dilaksanakan secara berjenjang sampai ke tingkat Desa/Kelurahan dari tanggal 24 Juni – 8 Agustus 2019, di lokasi yang merupakan Desa/Kelurahan Terbaik hasil penilaian Bina Wilayah Tingkat Kecamatan.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rachmatika, saat memberikan sambutan di Aula Desa Gunungkeling Kecamatan Cigugur, Kamis (08/08/2019). Setelah sebelumnya berkunjung ke Kelurahan Cijoho Kecamatan Kuningan. Ketua TP PKK didampingi Ketua Tim Bina Wilayah, Ny. Ella Dian Rachmat Yanuar beserta rombongan pengurus.

“Tujuannya untuk mengevaluasi kegiatan PKK, apakah sesuai dengan program yang telah di gariskan dan juga seirama dengan visi misi PKK sampai ke tingkat Desa/Kelurahan. Dengan Bina Wilayah, tidak semata-mata mencari kekurangan atau kesalahan. Namun lebih menitik beratkan kepada pelaksanaan program kerja serta keberhasilannya,”terang Ika.

Perbedaan teknis pelaksanaan Bina Wilayah Tahun ini dengan Tahun-tahun sebelumnya adalah pada pelaksanaan Bina Wilayah Tahun ini seluruh Pengurus PKK Tingkat Desa yang hadir hanya Desa yang menjadi lokasi kegiatan. Sedangkan untuk Desa yang lainnya hanya dihadirkan Ketua TP PKK Desa nya saja.

“Hal ini dikarenakan berdasarkan Juknis dari Tingkat Provinsi Jawa Barat, bahwa kunjungan lapangan harus dilaksanakan ke seluruh Desa di tiap Kecamatan. Namun karena keterbatasan waktu, kunjungan TP PKK Kabupaten ke Desa dilaksanakan pada saat pelaksanaan program lainnya, misalnya saat pembinaan posyandu, pengajian, jum’at bersih, atau pada saat rapat rutin setiap bulan,”terang Ika.

Melalui peninjauan ke lapangan dalam kegiatan Bina Wilayah ini, kami melakukan penilaian pada beberapa materi diantaranya, pelaksanaan kegiatan inovasi yang dapat meningkatkan keberhasilan Program PKK di tingkat Desa/Kelurahan dan kesesuaian data yang telah disampaikan dalam profil Tim Penggerak PKK Desa/Kecamatan. (Ril/Humas)

Tidak ada komentar