Terjadi Ledakan di POSKESDES Pakembangan


Berita Kuningan - Warga Desa Pakembangan, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan yang baru selesai melaksanakan sholat shubuh dikejutkan oleh suara ledakan yang berasal dari ruang Poskesdes desa setempat.  Kejadian tersebut disusul dengan kepulan asap dan kobaran api yang menyebabkan kebakaran, Sekitar pukul 05.00 WIB, Rabu (15/05/2019).

Warga yang sedang berada di dalam Masjid Al-Mukhlis segera berhamburan mendekati lokasi kejadian. E. Rusma (60), warga setempat yang merupakan pensiunan pemadam kebakaran mengambil tindakan dengan menyemprotkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Namun karena api sudah membesar, segera melaporkan kejadian tersebut ke UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Sekitar pukul 05.20 WIB, 1 unit mobil damkar dengan 5 orang anggota tiba di lokasi. Kisaran pukul 06.30 WIB, dibantu Babinsa dari Koramil setempat dan warga, api berhasil dipadamkan.

Ledakan diduga akibat konsleting listrik yang menimbulkan kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Taksiran kerugian meliputi bangunan fisik, televisi, kulkas dan satu set peralatan medis diperkirakan mencapai Rp 26,5 juta.

Plt Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, S.Pd., M.Si menuturkan bahwa harus segera dilakukan perbaikan Poskesdes karena termasuk kebutuhan mendesak.

"Perlu segera dilakukan perbaikan bangunan Poskesdes karena itu merupakan tempat untuk pelayanan kesehatan warga," ungkapnya.

Dirinyapun menghimbau kepada masyarakat agar secara rutin dan berkala melakukan pemeriksaan pada jaringan listrik serta menyediakan sistem proteksi kebakaran seperti APAR dan Hydran  terutama di tempat-tempat umum.

Selain itu, bila terjadi kebakaran agar segera melaporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan di nomor Telp (0232) 871113. Layanan gratis tidak dipungut biaya apapun. (AR27/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers