Berita Terbaru

Ratusan Dosen Uniku Tandatangani SP3


Berita Kuningan - Sebanyak 120 dosen Universitas Kuningan (Uniku) menandatangani “Surat Perjanjian Penugasan Penelitian (SP3)” di Aula Fakultas Hukum (FH) Kampus I, Senin (22/04/2019).

“Kegiatan penandatanganan SP3 yang pada hari ini dilakukan itu, diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniku. Ada 120 orang dosen, dengan jumlah judul pemelitian internal 109 judul, 14 judul jumlah penelitian pemula Dikti dan angka partisipasi penelitian tahun ini sebesar 0, 67%,” kata Kepala LPPM Uniku Oding Syafrudin, MM., dalam laporannya.

Dijelaskannya, kegiatan yang merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu penelitian, jumlah total dana penelitian Rp. 576.000.000,- dan jumlah dana penelitian internal sebesar Rp. 333.000.000,-.

“Serta jumlah dana penelitian Dikti sebesar Rp. 243.000.000,-,” jelasnya.

Lebih jauh, sambung dosen Fakultas Ekonomi (FE) Uniku itu, tujuan penandatanganan SP3 adalah untuk memastikan kegiatan penelitian berlangsung tertib dan procedural, menjaga mutu dan standar proses penelitian sesuai Dikti.

“Serta sebagai dokumen yang berisi hak dan tanggung jawab dari para pihak yaitu pihak peneliti dan pihak LPPM,” sambungnya.

Ditambahkannya, harapannya dari kegiatan ini adalah dosen dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara professional melalui Dharma Penelitian, dosen dapat menstrasformasikan ilmu pengetahuan.

“Bukan hanya itu saja, namun harapnnya adalah dosen dapat produktif menghasilkan luaran (Output) baik itu dalam bentuk jurnal maupun buku ajar,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Uniku Dr. Anna Fitri Hindriana., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada para dosen yang akan terlibat ke dalam penelitian tahun 2019.

“Penelitian ini memiliki peran yang sangat penting bagi perguruan tinggi. Dosen harus memiliki kesadaran untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya.

Dirinya berharap, agar dengan meningkatkannya jumlah partisipasi dari para dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan atau menaikan kluster Uniku ke yang lebih baik serta kedepannya akan diperbaiki dan dipacu luaran agar bisa terpublikasi di jurnal yang terindeks scopus.

“Semoga, dengan meningkatnya jumlah partisipasi dari para dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan atau menaikan kluster Uniku ke yang lebih baik serta kedepannya akan diperbaiki dan dipacu luaran agar bisa terpublikasi di jurnal yang terindeks scopus,” harapnya. (Sep/Red)  

Tidak ada komentar