Sulitnya Medan Menuju Desa Situ Gede Tak Menghalangi Tim RSU El Syifa Bantu Pengungsi

March 05, 2018

Kuningan, (BK) - Bencana tanah longsor dan pergeseran tanah menimpa Desa Situ Gede, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan yang menyebabkan warga di 2 dusun yakni Dusun Hujungan dan Dusun Gawangsa mengungsi. Kejadian berlangsung dua kali yakni pada hari Ahad (03/03) sekitar pukul 18.30 WIB dan Senin (04/04) sekitar Pukul 04.00 WIB.

Akibat kejadian tersebut menyebabkan banyak rumah mengalami retak sehingga warga yang berjumlah 83 Kepala keluarga (KK) dari kedua dusun tersebut harus diungsikan. 53 KK ditampung di Balai Desa Situ Gede dan 30 KK ditampung disebuah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dusun Gawangsa.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, namun banyak warga pengungsi mengalami masalah kesehatan. Akses jalan yang sulit membuat para petugas medis kesulitan untuk menjangkau daerah tersebut.

Namun, jalan yang terjal dan berbatu tidak menjadi halangan untuk tim Bakti Sosial (Baksos) Rumah Sakit Umum (RSU) El Syifa untuk membantu memberikan bantuan pengobatan gratis kepada warga yang sangat membutuhkan, Senin (04/03).

Tim Baksos yang dipimpin langsung oleh Owner RSU El Syifa, dr. Hj. Elly Wijaya Nursyam SpPD, MH.Kes, MM, FINASIM tersebut dibantu menggunakan kendaraan oprasional Polsek Subang untuk menuju lokasi karena sulit dijangkau oleh mobil minibus dan pengemudi yang belum terbiasa dengan medan tersebut.

"Awalnya kita ada dua pilihan antara Desa Cimara (Kec. Cibingbin -Red) dengan Desa Situ Gede. Dua-duanya memiliki medan yang cukup sulit, karena kita sudah pernah ke wilayah timur yaitu Cibingbin, kita memutuskan untuk ke Situ Gede karena menurut informasi kekurangan mendapat bantuan medis," ungkap dr. Elly.

Meski perjalanan cukup menegangkan, namun dirinya beserta tim merasa puas. Selain dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan, sekaligus dapat menikmati kindahan alam sekaligus keseruan selama perjalanan menuju lokasi.

"Perjalanan menegangkan, tapi pasrah saja berharap semoga tidak terjadi apa-apa. Alhamdulillah seru juga, terutama menurut mereka yang duduk diatas beras dibelakang mobil bak pengangkut logistik," lanjutnya.

Kegiatan pengobatan gratis tersebut dirasa sangat membantu dan bermanfaat bagi warga pengungsi yang mengalami gangguan kesehatan sebagaimana disampaikan oleh Ahmari, Kepala Desa Situ Gede.

"Alhamdulillah saya merasa bangga dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu termasuk dari Rumah Sakit El syifa, kami sangat merasa terbantu," ungkap Ahmari.

Kegiatan pengobatan gratis sudah sering dilakukan RSU El Syifa sebelumnya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Tim Baksos RSU El Syifa kedepannya akan terus membantu masyarakat yang membutuhkan dengan kegiatan Baksos diwaktu-waktu tertentu, tidak hanya saat terjadi bencana. (AR27/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »