Luar Biasa! Sayur Organik Bebas Pestisida dari Halaman Rumah


Kuningan, (BK) - Berkebun merupakan aktifitas positif yang melatih kesabaran, ketelitian dan juga menuntut kemauan untuk menjadikannya sebagai hobi yang bisa menghasilkan rupiah.

Tidak perlu lahan yang luas, halaman rumah pun bisa dijadikan media untuk berkebun. Salah satunya seperti Kebun Gizi Srikandi milik Tarsih (32) yang merupakan binaan Desa Berdaya Rumah Zakat Desa Cipondok, Kec. Cibingbin.

Kini, Tarsih sudah mulai mendapatkan hasil jerih payahnya selama ini. Tarsih tampak bahagia saat memanen berbagai sayuran yang tampak segar di Kebun Gizi Srikandi miliknya, Jum'at (23/03).

"Waktu baru tanam lagi itu, memang terasa lama sampe jadi begini, satu bulan lebih lah dari tanam, tapi setelah mulai panen disitu asyiknya, saya bisa sajikan menu sayuran yang fresh bagi keluarga" ungkap Tarsih.

Di kebun gizi yang dikelola Tarsih ini banyak berbagai aneka sayuran yang dapat disajikan untuk keluarganya.

"Yang saya tanam tuh, bayam, kangkung, sesin, lobak, singkong untuk dipetik daunnya, kelor, terong, cabai, tomat dan leunca, jadi bisa hemat anggaran dapur," tuturnya.

Memanfaatkan pekarangan rumah untuk menjadi kebun gizi merupakan sikap yang bijaksana. Selain untuk menghemat juga memberikan sayuran organik yang bebas pestisida sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

"Saat ini kita kesulitan untuk mendapatkan sayuran organik, kalaupun ada harganya lumayan mahal. Untuk itulah kami dari Rumah Zakat membuat program Kebun Gizi Srikandi agar masyatakat dapat mengkonsumsi sayuran yang aman dan sehat," ungkap Maysaroh, pembina Desa Berdaya Rumah Zakat Desa Cipindok.

Diharapkan kedepannya semakin banyak warga Desa Cipindok yang menjadi binaan Desa Berdaya Rumah Zakat ikut membuat Kebun gizi Srikandi sehingga setiap keluarga bisa dapat memenuhi kebutuhan sayuran yang aman dan sehat. (AR27/Red)

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan periode 2018-2023 terfavorit. Geser kebawah dan pilih dikolom Polling.

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers