Sejarah Pemberontakan PKI di Hilangkan, Panglima : Bukankah Itu Ada Upaya Penyesatan Sejarah?

Photo: tniad.mil.id


Kuningan, (BK) - Dalam acara diskusi Indonesia Lawyer Club (ILC) TV One, saat Karni Ilyas memberi pertanyaan tentang alasan Panglima TNI Gatot Nurmayanto memberikan perintah menonton film G30 S PKI kepada jajaran TNI, Gatot menjawab bahwa perintah menonton itu adalah urusannya. Walaupun banyak pihak yang keberatan film tersebut diputar ulang.

“Yang pertama, saya perintahkan prajurit saya untuk menonton itu urusan saya, gak ada yang bisa ikut-ikutin urusan saya, posisi saya dan kewenangan saya,” ungkap Gatot.

Kemudian Gatot menyampaikan bahwa ada pertanyaan besar bagi dirinya mengapa sejak tahun 2008 sampai dengan saat ini pelajaran sejarah tentang pemberontakan PKI di Indonesia tidak diajarkan lagi di sekolah-sekolah.

“Bukankah itu ada upaya-upaya penyesatan, penghapusan, pembodohan tentang sejarah. Padahal sejarah sangat berguna dalam kehidupan manusia,” tegas Gatot

Gatot menjelaskan bahwa presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pernah mengatakan bahwa dengan belajar sejarah itu bisa menemukan hukum-hukum kehidupan manusia. Berdasarkan alasan itu tujuan menonton film adalah upaya untuk memahami sejarah bangsa dan mengambil pelajaran dari sejarah tersebut agar peristiwa yang sangat memilukan dan sangat keji tersebut tidak terulang lagi.

Selain itu, tujuan menonton film tersebut adalah untuk mengajak segenap bangsa terutama generasi muda agar dengan pemikiran jernih dapat memahami masa lalu dan sejarah bangsanya. (AR27/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers