Desa Wisata Cibuntu Sajikan Kearifan Lokal

July 24, 2017

Kuningan, (BK) - Kuningan terkenal dengan keindahan alamnya, untuk itu tidak heran jika Kabupaten Kuningan banyak memiliki potensi wisata alam. Selain kaya dengan objek-objek wisata yang telah dikenal di Indonesia bahkan dunia, Kuningan pun memiliki desa wisata, salah satunya adalah Desa Wisata Cibuntu.

Konsep utama dari desa wisata yang terletak di Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan tersebut adalah menampilkan kearifan lokal baik dari sisi budaya, kesenian, dan alam.

Untuk itu seluruh komponen yang ada di Desa Cibuntu dilibatkan sebagaimana disampaikan oleh Mulyana, wakil ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (KOMPEPAR) Desa Cibuntu.

“Jadi dalam Desa Wisata Cibuntu ada unsur pemerintah desa, dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh kesenian, dan warga desa semua bersinergi sehingga terbentuk Desa Wisata Cibuntu ini,” ungkap Mulyana.

Selain keindahan alam ada berbagai kriteria untuk menjadikan Desa Cibuntu sebagai desa wisata, salah satu kriteria yang harus dimiliki desa wisata adalah home stay dan Desa Wisata Cibuntu kini telah memiliki 70 home stay dengan total 110 kamar. Berkat kekompakan warganya, home stay Desa Wisata Cibuntu pernah meraih penghargaan home stay terbaik ke-5 tingkat Asean yang penganugrahan penghargaannya dilaksanakan di Singapura.

Mulyana menambahkan bahwa bagi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu tidak dianggap sebagai tamu melainkan dianggap sebagai saudara yang baru pulang kampung, sehingga tidak ada perbedaan pelayanan antara tamu dengan saudara.

Desa Wisata Cibuntu memiliki berbagai objek wisata yang menarik sebagai pendukung, diantaranya adalah Curug (Air terjun) Gongseng, Kampung Kambing, Sumber Mata Air Kahuripan, Kebun Konservasi Bambu Betung, Situs Purbakala, dan Camping Ground yang salah satu fasilitasnya adalah kolam renang.

Selain itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh Sekertaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, H. Toto Toharudin menyampaikan bahwa Desa Wisata Cibuntu adalah salah satu program unggulan dari DISPORAPAR.

“Kita dari pemerintah daerah, dalam hal ini DISPORAPAR akan mensuport penuh agar Desa Wisata Cibuntu menjadi salah satu potensi wisata unggulan di Kabupaten Kuningan,” ungkap Toto.

Untuk itu Toto menambahkan bahwa kedepannya akan dikembangkan terkait agro wisata yang berbasis sosial, pertanian, pengembangan budaya lokal agar dengan semakin berkembangnya wisata di Desa Cibuntu semakin maju pula bidang pertanian dan budaya lokalnya serta semakin tumbuh berkembang di desa tersebut. (AR27/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
30 August 2017 at 20:10 delete

Keren suasananya sejuk bikin betah tgl disini pas ada pak menteri smoga jdi viral desa cibuntu

Reply
avatar