Sidang Isbat, 1 Ramadhan Jatuh Pada Hari Sabtu


Foto ilustrasi

Kuningan - Setiap umat muslim sangatlah menanti-nanti datangnya bulan suci Ramadhan. Siapa yang tidak tahu bulan mulia ini? Semua pasti tahu bulan Ramadhan khususnya umat muslim. Pada hari  ini Jumat (26/05) Kementrian Agama mengadakan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan.

Setelah sidang isbat selesai dilaksanakan, akhirnya Kementrian Agama menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1438 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017.

"Kami baru saja menyelesaikan sidang isbat untuk menetapkan kapan kita memulai bulan Ramadhan pada tahun ini, dari paparan yang kita saksikan bersama berdasarkan perhitungan hisab maka ketinggian hilal berada pada 8,51 derajat lalu sudut elongasi atau jarak busur bulan matahari berada pada 8,73 derajat dan umur hilal 14 jam 57 menit 32 detik. Diawal sidang isbat tadi, kami mendapat laporan setidak tidaknya 4 titik dan mereka yang ditugaskan di NTT, Sulawesi Utara, Jawa timur, dan Kepulauan Seribu berhasil melihat hilal. Maka dengan dua hal tadi seluruh peserta sidang sepakat bahwa malam ini kita sudah memasuki 1 Ramadhan 1438 Hijriyah," ungkap Lukman Hakim Saifuddin pada awak media yang disiarkan secara langsung.

Untuk itu malam ini umat muslim di Indonesia sudah diperbolehkan melaksanakan Shalat Tarawih.

"Mewakili pemerintah atas nama Kementrian Agama, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam Indonesia. Dan sekali lagi mudah-mudahan kita semua mampu menjaga kesucian bulan Ramadhan, sehingga bisa kita jalani dengan sebaik-baiknya," pungkas Lukman Hakim Saifuddin. (Gun's)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers