JPU Luncurkan Bantuan Jaring Pengaman Pangan Tahap I


Kuningan - Sesuai dengan komitmen yang telah disepakati oleh seluruh yang terlibat dalam forum Jaring Pengaman Umat (JPU), kemarin tepatnya Hari Jum'at (20/05) Pukul 10.00 WIB telah dilaksanakan santunan paket sembako untuk program Jaring Pengaman Pangan tahap awal.

Sembako sebanyak 84 paket yang terdiri dari 42 paket berasal dari BAZNAS Kuningan dan 42 Paket berasal dari DKPP Kuningan itu diberikan kepada 42 kaum dhuafa rawan pangan yang tersebar di Kabupaten Kuningan.

Pelepasan dilakukan dikantor DKPP Kabupaten Kuningan. Dihadiri oleh staf ahli bupati bidang kemasyarakatan dan SDM H. Dodi Nurochmatuddin, Produser Era Berbagi Kasih Lela Basiul, perwakilan Lembga Penanggulangan Bencana  Muhammadiyah (LPBM) kuningan Drs. Arief Yani dan Nunu Setia Nugraha S.Pd, Amar Thohir dan Tatang Budiman mewakili awak media.

Mereka yang mendapat santunan kebanyakan dalam zona merah yakni mereka yang tidak memiliki daya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Pendekatan kepada mereka yang masuk zona merah ini sudah tidak bisa lagi dengan pemberdayaan namun sudah harus pendekatan kemanusiaan." Ungkap Dr. Ukas Suharfaputra, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan.

Ukas menyatakan bahwa dari data 80 orang yang didapat tersaring 42 orang hasil validasi bersama seluruh bagian yang terlibat dalam JPU. Pihaknya tidak mengambil data dari jalur-jalur administrasi dari pemerintah dirasa masih banyak yang perlu dikoreksi.

"Data pemerintah itu harus diperlakukan sebagai data mentah kalau menurut saya. Karena data pemerintah itu ada problem delay waktu juga, misal saya terima data sekarang mungkin itu data 10 tahun lalu yang entah saat ini orangnya sudah seperti apa." Ujarnya.

Selain itu Ukas berharap ini merupakan langkah awal untuk munculnya jaring-jaring pengaman yang lain karena masalah yang ada adalah multi dimensi, tidak hanya pangan tetapi juga ada masalah kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, dan masalah sosial lainnya. Untuk itu dirinya berharap kedepannya teman-teman dari lintas sektor dapat ikut bergabung dalam forum tersebut.

Sementara itu H. Dodi Nurocmatuddin sangat menyambut baik dan menyatakan untuk ikut bergabung dalam forum JPU mewakili pemerintah daerah Kabupaten Kuningan.

"Tentunya pemerintah secara khusus juga berusaha secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, akan tetapi dengan berbagai keterbatasan ternyata masih ada celah-celah yang belum atau kurang mendapat perhatian. Sehingga dengan adanya inisiatif Jaring Pengaman Umat ini saya salut dan mengapresiasi dengan adanya ide dan niatan tersebut dan saya pun ingin ikut terjun langsung bersama-sama." Ungkap H. Dodi Nurochmatudiin. (AR27)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers