Berita Terbaru

Kampus UMKM Persatukan Pelaku UMKM Lintas Komunitas Dalam Edukasi dan Diskusi

Berita Kuningan - Pertumbuhan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kuningan semakin menggeliat. Ditambah dengan hadirnya Kampus UMKM Kuningan. Dengan tujuan utama menjadi wadah pemersatu dan sumber edukasi, forum edukasi dan diskusi ini menarik anggota dari lintas komunitas UMKM yang ada di wilayah Kuningan.

Nung Marzuki, Pembina Komunitas UMKM Ciremai Kuningan (KUCIKU), menuturkan tentang pentingnya kehadiran Kampus UMKM Kuningan dalam pengembangan potensi pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Kuningan. 

"Selama ini, konsep UMKM berbasis komunitas yang diterapkan oleh Pemda Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) sudah baik untuk efisiensi. Ditambah dengan hadirnya Kampus UMKM ini sekaligus menghilangkan kesan terkotak-kotak antar komunitas. Kampus UMKM menjadi wadah pemersatu lintas komunitas," ungkapnya, saat pertemuan rutin bulanan Kampus UMKM Kuningan, Rabu (20/9/2023).

Nunung menambahkan, Kampus UMKM Kuningan, yang dicanangkan menjadi pusat edukasi dan diskusi, telah berhasil mengumpulkan pelaku UMKM lintas komunitas dari berbagai sektor, seperti pertanian, kerajinan, makanan dan minuman, dan lainnya. Wadah saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan strategi untuk menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi oleh UMKM.

Sementara itu, Muhammad Yusuf, Ketua Komunitas UMKM Saudagar Madu (GARDU) Indonesia, menjelaskan betapa pentingnya keberadaan Kampus UMKM. Tak hanya menjadi wadah edukasi dan diskusi,  dengan menerapkan konsep Hexa Helix juga dapat memperluas jaringan untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM. 

"Inilah wadah yang sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk edukasi bisnis yang berkelanjutan, tetapi juga sebagai forum diskusi antar pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha. Selain itu juga bisa menjadi sarana membangun jaringan dengan pihak-pihak terkait, sehingga bisa terwujud ekosistem bisnis untuk mencapai kesejahteraan sesuai yang diharapkan," terang Yusuf.

Kampus UMKM Kuningan tidak hanya menawarkan program edukasi dan pelatihan bisnis, tetapi juga menyediakan akses ke sumber daya yang membantu pelaku UMKM mengembangkan bisnis mereka. Dengan semangat "Tumbuh Bersama Meraih Sukses" dan konsep Hexa Helix yang melibatkan pemerintah, akademisi, bisnis, masyarakat, media, dan investasi, Kampus UMKM Kuningan diharapkan menjadi wadah untuk pertumbuhan dan kolaborasi bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan.

Ditambah, Forum ini bukan hanya sekadar tempat belajar, tetapi juga tempat untuk membangun jaringan, berbagi ide, dan meraih kesuksesan bersama. Melalui Kampus UMKM Kuningan, diharapkan UMKM Kuningan khususnya dapat bekerja sama untuk mencapai prestasi yang lebih besar dan meningkatkan kontribusi dalam perekonomian lokal. (AR27/Red)

Tidak ada komentar