Berita Terbaru

Tunjang Desa Kreatif, Pelaku UMKM Terima Bantuan Alat Produksi


Berita Kuningan -
Sebagai salahsatu penunjang Desa Kreatif, para pelaku usaha ekonomi kreatif yang kebanyakan termasuk kategori Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Kreatif  Bojong Wangunan, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan mendapat bantuan dari Pemerintah Desa (Pemdes) Bojong Wangunan.

Bantuan berupa barang, yang terdiri dari berbagai alat produksi untuk pengembangan para pelaku UMKM ini, diberikan langsung oleh Kepala Desa Kreatif Bojong Wangunan di Balai Desa, Ahad (25/9/2022).

Adnan, Kepala Desa Kreatif Bojong Wangunan menuturkan, pemberian bantuan kepada 19 pelaku usaha ekonomi kreatif yang didominasi oleh UMKM ini adalah suatu cara untuk lebih memberikan motivasi.

"Alhamdulillah tadi sudah melakukan penyaluran bantuan berupa barang kepada para pelaku UMKM di Desa Bojong. Ini suatu cara dari Pemerintahan Desa untuk memotivasi, membantu agar mereka lebih semangat," ungkap Adnan.

Menurut Adnan, program ini adalah program Pemerintah Desa. Dengan melihat kebutuhan yang ada di masyarakat, timbul inisiatif murni dari Pemerintahan Desa dan menggunakan dana desa.

Adnan juga menerangkan, program ini juga menunjang program pemerintah dalam rangka penguatan ketahanan pangan. Karena menurutnya, para pelaku UMKM di Desa Kreatif Bojong Wangunan adalah mengolah hasil bumi.

"Rata-rata para pelaku UMKM di Desa Bojong adalah mengolah hasil bumi, atau hasil pertanian sehingga ini sangat berkaitan dengan masalah ketahanan pangan yang memang merupakan program pemerintah pusat yang saat ini sedang digalakan," terangnya.

Bantuan berupa barang seperti Sealer, mixer, timbangan digital, nyiru, Hawu dan lainnya sesuai pengajuan masing-masing pelaku UMKM ini baru tahap 1. Akan ada penyaluran tahap 2 bagi pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan.

Sementara itu, Ketua Komunitas UMKM Desa Kreatif Bojong Wangunan, Amar Thohir mewakili para pelaku UMKM mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemdes Bojong Wangunan.

"Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Program ini merupakan terobosan dari Pemdes Bojong Wangunan yang sangat membantu, dan berdampak positif untuk pengembangan usaha para pelaku UMKM yang ada di Desa Bojong Wangunan, saya mewakili teman-teman pelaku UMKM mengucapkan banyak terimakasih," ungkap Amar.

Selain bantuan alat-alat produksi yang diberikan dirasa sangat membantu, yang utama adalah wujud kepedulian Pemdes Bojong Wangunan terhadap para pelaku UMKM. Diharapkan dapat menjadi pupuk semangat untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani para pelaku UMKM. (AB05/Red)

Tidak ada komentar