Berita Terbaru

Dapur Mam FayRa, UMKM Desa Bojong Menjual Sampai Luar Negri



Berita Kuningan - Tak hanya emping melinjo, Desa Bojong, Kec. Kramatmulya sebagai Desa Wisata UMKM tentunya kaya akan produk UMKM, salahsatu diantaranya adalah Roti dan Kue Dapur Mam FayRa.

Meski masih sekala rumahan dan lokasi di dalam gang, namun produk-produk dari Dapur Mam FayRa dengan menggunakan metode digital marketing sudah dipasarkan ke luar kota bahkan hingga luar negri.

"Meskipun produksi di rumah dan cuma dasteran, Alhamdulillah produk kita pernah terbang ke Taiwan, Bronis panggang waktu itu nyampe kesana," ungkap Pipit, Owner Dapur Mam FayRa kepada BERITA KUNINGAN, Selasa (7/4/2022)

Selain Brownies Panggang, banyak aneka roti dan kue lezat lainnya seperti roti sobek aneka rasa, Bolu Pandan, Bolu Pisang, Marmer Cake, Black Forest, Pizza, Hingga kue ulang tahun, kue-kue untuk Snack box dengan rasa nikmat namun harga terjangkau. 

Menurut Ibu dari 2 anak asal Desa Bojong yang besar di Ciporang dan pernah lama tinggal di Bandung ini, Dapur Mam FayRa diambil dari nama kedua anak yakni Fayza & Rafi. Bermula dari hobi ngemil/jajan ketika tinggal di Bandung, setelah pindah kembali ke Desa Bojong ia kesulitan menyalurkan hobi jajannya.

Tinggal di Desa dan dalam gang, kata Pipit, jadi jarang jajan karena selain jarang yang berjualan didekat rumahnya, dirinya pun tak bisa mengendarai sepeda motor, hikmahnya, keterbatasan jadi peluang usaha.

"Waktu pindah kesini (Desa Bojong), serba susah pengen ini itu karena enggak bisa motor, dulu ga serame sekarang ada Ojol, jadi inisiatif nguprek sendiri bikin cemilan resep dari HP," kenangnya.

Produk yang pertama ia buat adalah Pizza. Tutorial didapatnya dari HP. Menurutnya, dulu jarang ada yg jual pizza, akhirnya mencoba untuk membuat sendiri. Saat iseng posting di status WA, tetangga bertanya dan memesan ,akhirnya  sejak 30 November 2017, ia mulai berjualan hingga sekarang.



Saat ini masih hanya melayani pesanan (By Order), belum ada stok. buat yang ingin memesan bisa melalui WhatsApp 085321358658 di nomor atau melalui aplikasi Facebook Pipit Herlina untuk melihat-lihat aneka produk dari Dapur Mam FayRa.

Pemerintah Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya, bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (STIEPARI) Semarang, dan Anggota DPRD Povinsi Jawa Barat Tina Wiryawati sebagai pembina sedang mengembangkan Desa Wisata UMKM. 

Dengan melibatkan semua pihak mulai dari BUMDes, Karang Taruna, PKK, Pokdarwis,  dan tentunya para pelaku UMKM, serta seluruh masyarakat, dalam waktu dekat akan segera meluncurkan program-program terkait wisata dan UMKM. (AR27/Red)

Tidak ada komentar