Berita Terbaru

230 Pendaftar Calon Anggota Polri Ikuti Sleksi di Polres Kuningan



Berita Kuningan - Polda Jabar tinjau langsung proses seleksi 230 orang pendaftar calon anggota Polri di Polres Kuningan yang dilakukan jajaran Polres Kuningan, Rabu (13/4/2022).

Proses seleksi dilakukan mulai dari pemeriksaan secara administratif, pengukuran tinggi badan hingga berat badan calon anggota kepolisian. Dipastikan, jika setiap pendaftar calon anggota Polri bebas biaya alias gratis.

“Kita dalam proses seleksi menganut prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (Betah). Jadi dipastikan setiap yang ikut mendaftar di Polri itu gratis, ini perlu disampaikan kepada para peserta maupun orang tua jika daftar polisi itu gratis,” kata Kabag Binkar Biro SDM Polda Jabar, AKBP Adi Sumirat didampingi Kasubag Dalpers SDM Polres Kuningan, AKP Sutarja Fahrudin.

Oleh sebab itu, Ia berpesan, agar tidak mudah percaya terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dalam proses seleksi calon anggota Polri. 

“Jangan percaya kepada orang yang mengaku-ngaku bisa membantu dan meluluskan, itu tidak ada. Daftar polisi itu yakinlah kepada kemampuan diri sendiri,” tandasnya.

Sejauh ini, lanjutnya, animo peserta calon anggota Polri setiap tahun selalu ada peningkatan khususnya di Polda Jabar. Termasuk kebutuhan personel, sebab di tahun lalu saja mencapai 600 orang.

“Khusus di Polres Kuningan, jumlah animo peserta ada 230 orang. Nah dari jumlah ini akan dilakukan verifikasi, sampai hari ini sudah ada sebanyak 186 orang,” sebutnya.

Meski begitu, Ia menyebut, tak menutup kemungkinan masih ada penambahan jumlah pendaftar. Sebab sesuai dengan kebijakan Mabes Polri, jika pendaftaran diperpanjang hingga 18 April 2022.

“Kemungkinan jumlah animo ini akan bertambah, sejalan dengan perpanjangan masa pendaftaran calon anggota Polri,” imbuhnya.

Dirinya berpesan, agar setiap peserta harus mempersiapkan diri secara jasmani, rohani, psikologi, serta akademik.

“Sebab menjadi anggota Polri itu harus lulus tes jasmani, tes kesehatan, tes psikologi, dan tes akademik. Jadi itu semua hasilnya harus baik, sehingga perlu ada kesiapan. Maka harus dipersiapkan jauh-jauh hari, karena setiap tahun ada proses penerimaan anggota Polri,” pungkasnya. (Jopray/Red)

Tidak ada komentar