Berita Terbaru

AIKMA Dijadikan Wadah Pemersatu Komunitas UMKM Kuningan



Berita Kuningan - Dalam rangka membangun sinergi antar komunitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Kuningan, belasan Ketua Komunitas UMKM Kuningan adakan pertemuan, Ahad (2/1/2022), berlokasi di Coffe Benz, Jalan Ahmad Yani, Kuningan.

Sebagai wadah pemersatu, Komunitas UMKM bergabung dalam wadah asosiasi yakni Asosiasi Industri Kecil Menengah Agro (AIKMA) DPC Kuningan yang diketuai Ferry Irawan dan Ketua Komunitas yang tergabung sebagai pengurus.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum  AIKMA Jabar periode sebelumnya, Benhardi selaku pemilik usaha minuman jeruk nipis peras Jenisa yang kini menjadi Pembina DPC AIKMA Kuningan.

Komunitas UMKM Kuningan yang baru tergabung yakni  Suksesku, Salosin, Maju Bersama, Bersama Maju, U2PK Ciawi, Kuningan Juara, PMKM, Pager UKM, Koperasi Mitra Surya Kemuning, Saudara, Gardu, APEKI, dan KWT Sri Mandiri Sembawa.

Menurut Ferry, hasil dari pertemuan tersebut tercipta kesepakatan untuk menjadikan AIKMA sebagai rumah besar IKM Kuningan, demi mewujudkan kemajuan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan, dengan membangun sinergitas.

"Kita akan berjuang untuk kemajuan IKM Kuningan. AIKMA akan berkordinasi dengan pengurus pusat, dan bekerjasama dengan pemerintah baik pusat, provinsi maupun daerah untuk mewujudkan program-program unggulan yang didasari dari penggabungan visi-misi dan cita-cita semua komunitas yang tergabung," ungkap Ferry didampingi Jaja, Sekjen DPC AIKMA Kuningan.

Pemilik produk jahe Tirta Dewi yang menjadi juara UMKM tingkat Provinsi dan Nasional ini juga menjelaskan, AIKMA akan berjuang mulai dari pembinaan, penyelenggaraan Bimtek, membantu proses pengurusan legalitas seperti PIRT, BPOM, Halal, SNI, HACCP, IG dan lainnya, hingga pelatihan cara produksi yang baik dan benar.

"Setelah pengurus inti DPC Kabupaten Kuningan terpilih beberapa waktu lalu, kami langsung bertemu dengan Kepala Diskopdagperin. Selain silaturahmi memperkenalkan AIKMA, sekaligus menjadi langkah awal membangun sinergitas dengan Dinas. Alhamdulillah Pak Kadis sangat menyambut baik," lanjutnya.

AIKMA juga, kata Ferry, akan membantu meningkatkan penjualan produk-produk UMKM baik promosi, maupun membuka pasar seluas-luasnya dengan jaringan AIKMA yang sudah tersebar di Indonesia dan beberapa di luar negri.

"Kami membuka pintu seluas-luasnya bagi komunitas yang belum tergabung di AIKMA. InsyaAllah, dengan bekerja sama, kita akan menjadi besar sehingga mampu mewujudkan mimpi yang lebih besar," pungkasnya. (AR27/Red)

Tidak ada komentar