Berita Terbaru

Penghitungan Suara Langsung Pilkades Serentak 2021 Bisa Dilihat Disini



Berita Kuningan - Mendapatkan informasi hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten yang dilaksanakan hari ini, Ahad (28/11/2021), bisa dari Rumah secara langsung, atau atau live real count.

Dengan aplikasi SIPILANG, Melalui website www.pilkadesonline.we.id, masyarakat bisa menyaksikan penghitungan suara dari 78 desa yang sedang melaksanakan pemilihan untuk mendapatkan pemimpin baru.

Menurut Diki Damamudin, Inisiator aplikasi SIPILANG menjelaskan bahwa Pilkades Online adalah program penunjang dari para relawan pilkades dalam rangka membantu masyarakat untuk mengakses informasi progres penghitungan suara Pilkades secara online. 

Program ini juga sejalan dengan semangat Permendagri nomor 72 tahun 2020 tentang perubahan Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang Pilkades yaitu untuk mencegah aktivitas yang menimbulkan penyebaran atau penularan coronavirus disease 2019 yang membahayakan kesehatan masyarakat.

"Saat ini kita belum terbebas sepenuhnya dari ancaman virus Corona, untuk itu kami menghadirkan aplikasi ini agar masyarakat dapat mengikuti penghitungan secara langsung dari rumah untuk menghindari kerunan," ungkap Diki kepada Berita Kuningan.

Pemberdaya dan Relawan Pilkades adalah mereka yang dengan suka rela mau melibatkan diri dalam kegiatan Pilkades online. Dalam pelaksanaannya para relawan terdiri dari, PPKD Kabupaten, PPKD Kecamatan, PPKD & KPPS Desa, Pengembang SIPILANG dan Masyarakat Umum.

Kegiatan utama dari program Pilkades Online adalah meng-input progres penghitungan suara calon kepala desa di TPS melalui aplikasi SIPILANG, kemudian aplikasi tersebut merekap dan mempublikasikannya di halaman website kepada masyarakat luas secara otomatis dan real time (Real Time - Real Count).

"Semoga dengan memanfaatkan Teknologi dapat memudahkan dan mempercepat distribusi informasi penghitungan suara, dan semoga dapat meminimalisir kerumunan yang dapat mengakibatkan penularan Covid-19" pungkas mantan Aparat Desa Ciwiru ini. (AR2783)

Tidak ada komentar