Berita Terbaru

Ikhtiar Lahirkan Daftar Pemilih Berkualitas,KPU Kuningan Gelar Rakor PDPB





Berita Kuningan-Guna terpenuhinya data pemilih yang mutakhir dan berkualitas, KPU Kuningan menggelar Rapat Koordinasi dengan menghadirkan Kepala Seksi Pemerintahan dari 32 Kecamatan se-Kab. Kuningan, Selasa (21/9.2021), di Aula Kantor Kecamatan Kadugede. 


Tampil sebagai narasumber Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs. Yudi Nugraha, M.Pd serta Kabid Pemdeskel DPMD H. Akhmad Faruq, S.Sos, M.Si. Sementara dari KPU Kuningan bertindak sebagai narasumber Ketua Divisi Data dan Informasi Asep Budi Hartono. 


Hadir dalam kesempatan tersebut anggota Bawaslu Kuningan Abdul Djalil Hermawan dan Camat Kadugede Atik Suhartiati, SE, M.Si. Dalam pembukaan keduanya secara bergantian memberikan sambutan. 


Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi dalam sambutannya menjelaskan, Rakor PDPB merupakan bentuk ikhtiar dan sinergitas bersama untuk melahirkan daftar pemilih berkualitas. 


"Diharapkan nantinya perangkat pemerintahan di level Desa/Kelurahan dapat bekerjasama mengupdate data penduduk yang menurut undang-undang masuk katogori pemilih. Utamanya melakukan pelaporan terhadap warganya yang meninggal dunia sebagai dasar penghapusan dari daftar pemilih," ungkapnya.  


Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya pencatatan data penduduk yang tertib dan diadministrasikan dengan baik. Pasalanya menurut dia, data kependudukan sering digunakan dalam berbagai keperluan di bidang pelayanan publik, perencanaan pembangunan, dan lain-lain. 


"Demi mendukung terpenuhinya kualitas data penduduk yang nantinya bermuara pada data pemilih, pihaknya bertekad mengeluarkan surat edaran agar perangkat pemerintahan di tingkat Desa/Kelurahan dapat bekerja secara Optimal," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan menyerahkan Piagam Penghargaan dari Disdukcapil bagi kecamatan yang paling aktif melaporkan data kematian by name by adress secara rutin dan berkala untuk edisi Tahun 2021. Kecamatan yang mendapat penghargaan yaitu Peringkat 1 Kecamatan Sindangagung, Peringkat 2 Kecamatan Garawangi, Peringkat 3 Kecamatan Cidahu, Harapan 1 Kecamatan Cigugur dan Harapan 2 Kecamatan Kramatmulya. 


Selain itu, ada juga piagam pengharagaan yang diberikan oleh Ketua KPU Kuningan kepada Disdukcapil sebagai mitra strategis dalam kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan.

(ELT)

Tidak ada komentar