Berita Terbaru

Ngubek Balong, Cara Warga Dusun Wage Cilaja Semarakan Hari Jadi Kuningan



Berita Kuningan - Dalam rangka menyemarakan  Hari Jadi ke-523 Kabupaten Kuningan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia yang jatuh bulan Agustus lalu, Ikatan Pemuda Pemudi Karanganyar (IPPK) Desa Cilaja bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Cilaja gelar acara "Ngubek Balong", Rabu (1/9/2021).

Warga tampak antusias berebut ngubek (menangkap/menyisir) berbagai jenis ikan seperti ikan Nila, Gurame dan terutama Ikan Lele yang merupakan jenis ikan terbanyak di dalam kolam ikan atau bahasa sunda disebut balong.

Giat yang berlokasi di Dusun Wage, Desa Cilaja, RT/RW 05/01 merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan menumbuhkan rasa persatuan antar warga dengan biaya dari hasil urunan warga.

"Ini merupakan agenda rutin tiap tahun dalam menyambut hari jadi Kabupaten Kuningan, khususnya di Kampung Wage. Tujuannya untuk meningkatkan rasa kebersamaan di masyarakat karena ini uangnya rereongan dari mereka semua," ujar Diding, Kepala Desa Cilaja.

Warga sangat menyambut gembira giat tersebut, sebagaimana diungkapkan Eti Suheti, warga Dusun Wage yang tampak raut wajah bahagia karena mendapatkan beberapa ekor ikan dari jenis Nila dan Lele untuk dibawa pulang.

"Alhamdulillah setiap tahunnya kita selalu antusias dengan acara ini. Harapannya untuk setiap tahunnya semakin ramai dan meriah lagi yang tentunya semakin mempererat pemuda karanganyar khususnya dan desa cilaja umumnya," ungkap Eti.

Selain ikan, warga juga berkompetisi memperebutkan bola plastik beraneka warna berukuran kecil yang dapat ditukar dengan berbagai doorprize yang menarik. (DETS/Red) 

Tidak ada komentar