Hama Babi Hutan Merajalela, Dandim 0615/Kuningan Turun Tangan



Berita Kuningan - Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, ST melakukan survei lahan milik Perhutani yang bekerjasama dengan PT. NW Resources, di Desa Wanasaraya, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, Jum'at (5/2/2021).

Lahan kosong seluas 1.100 hektar tersebut saat ini menjadi sasaran babi hutan yang merusak lahan pertanian milik warga disekitarnya. Sehingga warga merasa kewalahan untuk mengatasi hama babi tersebut.

Pemilik PT. NW Resources yang bergerak dibidang Ketahanan Pangan, Teddy mengapresiasi atas kedatangan Dandim 0615/Kuningan. Menurutnya, Dandim Kuningan sangat paham akan pertanian. Sehingga ia merasa terbantu dengan masukan dan saran dari Dandim soal pertanian.

"Alhamdulillah, Ia sangat mendukung untuk membangkitkan kembali kedaulatan pangan. Beliau sudah memberikan pengarahan bagaimana cara membuka sentra ekonomi baru. Lahan seluas 1.100 hektar ini milik Perhutani yang kerjasama dengan PT NW Resources. Karena lahan Perhutani ini kosong, maka sangat mubazir jika tidak dimanfaatkan. Sedangkan ketahanan pangan perlu digerakkan," ungkap Teddy  

Kepala Desa Wanasarya, D. Krisna Suhendar menjelaskan, selama ini warganya banyak yang mengeluh karena lahan pertaniannya terancam oleh babi hutan. Oleh karena itu petani sering jaga malam di lahannya dan ini membuat pemerintah desa sangat prihatin. 

"Kami dari pemerintah Desa Wanasaraya memohon bantuannya dari pihak Kodim 0615/Kuningan untuk mengatasi kendala pertanian tersebut agar tanaman warga tidak diganggu lagi oleh babi hutan. Karena dengan begitu, akan membantu masyarakat dalam meningkatkan penghasilan di bidang pertanian," ujarnya.

Dijelaskannya, hama babi hutan ini sudah lama terjadi. Dan, ini sangat merugikan para petani. Berbagai upaya pun sudah dilakukannya. Seperti membuat pagar untuk menghalangi babi hutan, membuat ranjau, namun hama babi tersebut malah semakin bertambah dan merusak. Karena populasinya yang kian bertambah.

Sementara itu, Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan menyatakan, jika pihaknya akan segera melakukan upaya dan tindakan guna menanggulangi hama babi tersebut. "Untuk saat ini kita akan melakukan koordinasi dulu guna mengatasi hama tersebut. Apakah kita akan membuat jebakan atau diracun. Kita akan sesuaikan dengan kondisi yang ada. Dan, ini secepatnya akan kita tangani," pungkasnya. (Ril/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers