Berita Terbaru

Desa Sayana Nyatakan Siap Lawan Korona



Berita Kuningan - Desa Sayana nyatakan siap perang total melawan virus Corona. Hal tersebut disampaikan oleh Supriyadi, Kepala Desa Sayana, Senin (30/03/2020).

Berbagai upaya dilakukan oleh Aparat Desa yang bekerjasama dengan semua unsur termasuk masyarakat, diantaranya, membentuk struktur relawan desa Lawan Covid 19 yang diketuai langsung oleh Kepala Desa.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat umum dan rumah ibadah, membuat tempat cuci tangan, Desa Sayana juga membuat Bilik Steril penyemprotan disinfektan yang akan digunakan untuk mensterilkan warga yang beraktifitas diluar rumah termasuk perantau yang baru datang.

"Saat ini perantau sudah mulai banyak yang kembali ke rumahnya masing-masing, untuk itu kita perlu antisipasi Penyebaran Virus di Desa Sayana karena kebanyakan perantau berasal dari zona merah, salah satunya dengan menggunakan bilik steril bagi mereka yang baru datang," ungkap Suryadi.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama  dengan pihak Puskesmas serta mitra diataranya Babinkamtibmas, Babinsa, dan Pendamping Desa untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan kepada para perantau yang mudik, serta memberikan edukasi tentang apa yang harus dilakukan.

"Ada sekitar 27 orang perantau yang mudik. Kita sudah lakukan upaya untuk memberikan edukasi langkah-langkah pencegahan termasuk upaya karantina selama 14 hari kepada mereka," lanjutnya.

Tak hanya perantau, warga lainpun diberikan himbauan dan edukasi baik melalui spanduk himbauan, Woro-woro keliling kampung, hingga menyebarkan selebaran ke rumah-rumah untuk bersama-sama melawan Corona.

"Perlu kerjasama yang solid dari semua pihak terutama warga, jika hal itu terwujud dengan baik, dan tak lupa yang utama adalah berdo'a memohon pertolongan Allah, InysaAllah Desa Sayana akan sanggup melawan wabah Corona dan segera keluar dari masa sulit," pungkasnya. (AR27/Red)

Tidak ada komentar