Pencari Kerja dari Luar Kuningan Kunjungi Job Fair 2019 SMK Pertiwi


BERITAKUNINGAN.COM – Dalam rangka mengurangi angka pengangguran, Kementerian Tenaga Kerja melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan SMK Pertiwi menyelenggarakan Pameran Kesempatan Kerja Job Fair 2019 yang bertempat di SMK Pertiwi Kuningan, Jalan Siliwangi No. 26 A Kasturi, Kuningan.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH, MH, yang didampingi oleh Perwakilan Kemnaker RI Timbul Pangabean, dan Kadisnaker Kabupaten Kuningan Drs. H Sadudin M.Si. Hadir pula Ketua Yayasan Pertiwi Asep Fadilah dan Ketua Panitia yang merangkap sebagai Wakasek Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat SMK Pertiwi Drajat Subagja S.Kom, Senin (29/04/2019).

Pameran Kesempatan Kerja Job Fair 2019 diikuti oleh sekitar 40 perusahaan yang digelar selama 4 hari, dimulai sejak hari Senin – Kamis, tanggal 29 April – 02 Mei 2019. Dua hari pertama diisi dengan proses pendaftaran dan dua hari terakhir diisi dengan Tes dan Interview oleh perwakilan pihak perusahaan.

Kegiatan tes dan interview dilaksanakan di dua tempat yakni di SMK Pertiwi dan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut, Kadisnakertrans Kabupaten Kuningan Drs. H. Sadudin, M.Si yang diwakili oleh Kabid Penempatan Tenaga Kerja Gunarto menuturkan bahwa dipilihnya lingkungan SMK sebagai tempat penyelenggaraan karena lulusan SMK dipersiapkan untuk langsung kerja.

“Karena sebagian besar lulusan SMK itu tidak melanjutkan kuliah tapi orientasinya mencari pekerjaan maupun berwirausaha,” ungkap Gunarto.

Peserta yang hadir tidak hanya dari Kabupaten Kuningan, tapi juga luar Kuningan diantaranya dari Kabupaten Majalengka, salah satunya Hafid Suhendar yang berasal dari Kecamatan Banjaran untuk mencari lowongan pekerjaan.

“Jumlah perusahaan di job fair ini sangat banyak sehingga kita bisa memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian kita. Karena terlambat sudah sebagian perwakilan perusahaan pulang, Rencana besok akan kembali lagi kesini,” ujar Hafid.

Kegiatan ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun baik untuk perusahaan peserta job fair dan pencari kerja. Selain itu, pihak Disnakertrans memfasilitasi pembuatan Kartu Kuning untuk para pencari kerja secara online. (RB05/EH16/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

0 Viewers