Berita Terbaru

Jawa Barat Siap Tampung Pengungsi Rohingya

Photo: Dok. Pemprov Jabar

Berita Kuningan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat siap menampung pengungsi umat muslim Rohingya dari Myanmar jika mendapatkan instruksi langsung dari pemerintah pusat.

Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan hal itu usai mengikuti aksi solidaritas bagi umat muslim Rohingya dengan melakukan long march dari Pusdai Jabar menuju Gedung Sate Bandung, Jumat (8/9/2017).

Aher menerangkan bahwa soal pengungsi Rohingya merupakan kewenangan pemerintah pusat, tapi jika wilayah Jawa Barat mendapatkan perintah untuk dijadikan lokasi pengungsian maka pihaknya akan siap melaksanakannya.

"Tentu kita menunggu perintah dari pemerintah pusat jika harus ditampung di Jawa Barat kita siap menerima. Urusan pengungsi tentu saja kewenangan pemerintah pusat ya tapi ketika diperintahkan untuk menampung, kita harus siap," tegasnya.

Indonesia memiliki pengalaman dalam penampungan bagi pengungsi dari negara lain. Indonesia sempat menampung pengungsi asal Vietnam selama beberapa tahun di Pulau Galang. Setelah negaranya aman maka mereka kembali ke negeri asalnya sebagai warga negara Vietnam.

Aher menambahkan, peristiwa tersebut tidak menutup kemungkinan akan dialami pengungsi Rohingya dari Myanmar ke Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat.

"Nah, kita punya pengalaman seperti itu, boleh jadi hal ini terjadi pada pengungsi Rohingya," pungkasnya. (MAT/Red) 

Sumber: Pemprov Jabar

Tidak ada komentar