Berita Terbaru

Saung Rahayat 2024 , Puncak Program Comdev

Berita Kuningan - Setelah sekitar seribu lebih Mahasiswa Universitas Prasetya Mulya (Prasmul), membantu hampir seratus Pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan, melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan konsep Comunity Devlopment (Comdev), puncaknya digelar acara Saung Rahayat di Open Space Galery (OSG), Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Rabu (6/3/2024).

Dengan tema Saung Sang Arya, yang terinspirasi dari folklor Arya Kamuning sebagai sosok pemimpin Kuningan pada masanya ini, menghadirkan beragam kearifan lokal mulai pertunjukan seni budaya, workshop terkait pengelolaan Bank Sampah, dan yang utama yakni pameran produk UMKM yang telah didampingi oleh mahasiswa selama 20 hari.

Rektor Universitas Prasetiya Mulya Prof Dr Djisman Simandjuntak menyatakan, Saung Rahayat 2024 adalah puncak acara dari kegiatan Comdev yang mendorong mahasiswanya untuk berkontribusi dalam pengembangan produk UMKM.

Menurut Djisman, salah satu kelemahan terbesar dari produk UMKM itu biasanya terletak pada bentuk kemasan kurang menarik serta pola penjenamaan yang tidak dimaksimalkan

Dalam program ini, kata Djisman, mahasiswa terlibat langsung dalam memberikan gagasan segar dan solusi kreatif untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Kuningan. Mulai dari desain kemasan hingga strategi branding dan marketing.

“Saya pikir satu tambahan langsung di Saung Rahayat ini. Mereka terkoneksi ke jalur distribusi, tapi secara tidak langsung juga mereka mendapat ide-ide perbaikan produk,” ungkapnya.

Tidak hanya memberikan ide-ide baru, lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa mahasiswa juga aktif dalam mencari bahan baku yang berkualitas serta mengoptimalkan proses pemasaran produk UMKM.

Di sisi lain, Djisman menyebutkan dengan kegiatan ini mahasiswanya bisa mendapatkan pengalaman berharga karena terlibat dalam pengembangan komunitas khususnya pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kuningan.

"Program ini menjadi bagian dari upaya yang dilakukan Universitas Prasetiya Mulya, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ekonomi lokal," terangnya.

Comdev 2024 yang akan berakhir pada tanggal 9 Maret 2024 mendatang ini, diharapkan tak hanya berdampak pada pelaku UMKM, namun juga, melalui program ini mahasiswa mendapat pembelajaran empati dan moral dengan terjun langsung ke masyarakat. (AR27/Red)

Tidak ada komentar