Berita Terbaru

Kampus UMKM Kuningan Luncurkan Program Sosial UMKM Bergerak

Berita Kuningan - Dibulan Ramadhan, yang merupakan bulan baik dan penuh keberkahan, Forum Edukasi dan Diskusi Kampus UMKM Kuningan (Fosidikum) luncurkan program sosial UMKM BERGERAK di Objek Wisata J&J, bersamaan dengan acara NGIBRIK (Ngabuburit Bari Manasik) Jum'at (29/3/2024).

BERGERAK yang merupakan akronim dari Berdaya, Giat Ekonomi Kerayatan ini merupakan sebuah program yang dilahirkan dari Divisi Sosial Forum Kampus UMKM Kuningan untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan.

"Kita tahu bahwa Kabupaten Kuningan mendapat predikat miskin ekstrim, ini menjadi salahsatu pemicu kami untuk turut mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Tak hanya bantuan kemanusiaan, program ini akan dititikberatkan pada pemberdayaan," ungkap Amaar Thohir, Ketua Forum Kampus UMKM Kuningan.

Menurut pelaku usaha yang sekaligus aktifis sosial ini menuturkan bahwa, selain bantuan kemanusiaan bagi mereka yang sudah tidak berdaya, pemberdayaan adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kuningan.

"InsyaAllah salahsatu tujuan dari program UMKM Bergerak ini adalah, selain meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM yang sudah berjalan melalui edukasi dan pendampingan, juga menciptakan pelaku usaha baru.  Dimana warga miskin yang tidak memiliki penghasilan namun masih berdaya, akan kami berikan edukasi dan pendampingan untuk memulai usaha," ujar Amaar.

Dalam upaya membangkitkan ekonomi kerakyatan ini, kata Amaar, harus terbangun ekosistem dari semua stake holder hexa helix, ABCGFM yakni Academy atau Akademisi, Business atau pengusaha, Comunity atau Komunitas, Governent atau Pemerintah, Finance atau Lembaga Keuangan, dan terakhir Media.

"InsyaAllah, mewakili Komunitas, kami akan melakukan upaya membangun sinergitas dengan lima pihak terkait lainnya. Diharapkan, dengan terbangunnya ekosistem ini, dapat mengangkat ekonomi masyarakat Kabupaten Kuningan," lanjut Amaar.

Gayung bersambut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, Toto Toharudin menyambut baik program tersebut. Mewakili Pemerintah, Toto, melalui Dinas Sosial Kabupaten Kuningan akan bersinergi dengan Forum Kampus UMKM Kuningan.

"Program UMKM Bergerak ini nyambung dengan Dinas Sosial. Kami ada program UEP (Usaha Ekonomi Produktif). Nanti bisa disinergikan untuk edukasi dan pendampingan penerima manfaat oleh teman-teman dari Kampus UMKM Kuningan," ungkap Toto.

Menurut Toto, saat ini penanggulangan kemiskinan menjadi salahsatu fokus Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, khususnya Dinas Sosial Kabupaten Kuningan. Untuk itu, pihaknya akan bersinergi dengan semua pihak terkait, termasuk dengan Kampus UMKM Kuningan.

"Nanti kita diskusikan bagaimana bentuk kerjasamanya, InsyaAllah setelah lebaran Idul Fitri, kami akan mengundang Forum Kampus UMKM Kuningan untuk diskusi lebih lanjut terkait upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kuningan," pungkasnya. (AB05/Red)

Tidak ada komentar